Peralatan Elektronik Butuh Daya Besar, Ini Tips Biar Hemat!

Pernahkah suatu hari Anda tiba-tiba mendapati tagihan listrik yang membengkak? Lamanya pemakaian alat listrik di rumah secara tidak sadar telah menguras biaya yang tidak sedikit jika Anda tidak bijak dalam menggunakannya.

Maka dari itu, Anda perlu mengetahui jenis peralatan listrik yang memiliki daya besar. Berikut adalah peralatan rumah tangga yang membutuhkan daya listrik besar dan perlu Anda cermati pada saat menggunakannya.

  • Pendingin Ruangan (Air Conditioner/AC)

AC atau pendingin ruangan adalah salah satu alat yang wajib ada di rumah, terutama bagi Anda yang tinggal di kota berudara panas. Pada umumnya daya listrik yang dihabiskan bisa mencapai lebih dari 800 watt.

Tak dapat dipungkiri jika penggunaan AC akan menambah pengeluaran Anda, yakni biaya listrik menjadi membengkak. Tapi Anda bisa mensiasatinya dengan cara menyesuaikan suhu AC dengan suhu ruangan yaitu idealnya berkisar 23-24 derajat celcius.

Hal ini dikarenakan suhu di bawah 20 derajat biasanya akan membutuhkan daya listrik yang besar. Tips lainnya untuk menghemat penggunaan daya listrik pada AC, Anda bisa membuka jendela supaya terdapat sirkulasi udara di rumah.

  • Televisi

Pastinya Anda membutuhkan hiburan di rumah. Maka dari itu, televisi hadir sebagai alat elektronik yang menghadirkan tayangan menarik di layarnya untuk menghibur dan membuat Anda tidak merasa suntuk usai beraktivitas seharian.

Tahukah Anda? pemakaian televisi lebih dari 3 jam sehari dapat membuat tagihan listrik Anda membengkak. Hal tersebut tidak berlaku pada TV jenis LED karena TV jenis ini memerlukan daya listrik lebih kecil dibandingkan TV LCD dan TV Tabung.

Daya yang dibutuhkan TV LED hanya sekitar 80 hingga 150 watt. Meski begitu, Anda tetap harus memperhatikan durasi pemakaian televisi untuk menghemat biaya listrik di rumah Anda.

  • Pompa Air

Bagi Anda yang tidak berlangganan PDAM, akhirnya pompa listrik menjadi pilihan untuk sumber air. Perlu Anda ketahui, bahwa sedot pompa menghabiskan daya listrik yang besar. Pompa air listrik terdiri dari kemampuan daya rendah, sedang, hingga yang paling tinggi.

Tentu saja  daya sedotnya mempengaruhi penggunaan daya listrik pompa. Biasanya pompa air listrik menghabiskan 1/2 ampere atau 100 watt. Bahkan ada yang lebih besar lagi yaitu 6 ampere dengan daya listrik di atas 10 ribu watt.

Agar dapat menghemat biaya, gunakan pompa yang sudah diatur daya mesinnya dengan kekuatan sedang supaya listrik lebih stabil.

Setelah Anda membaca penjelasan di atas, Anda jadi mengetahui beberapa peralatan listrik yang membutuhkan daya besar. Kini, Anda harus lebih bijak dalam memakai alat-alat tersebut. Selain menghemat tagihan listrik, tapi juga bisa membuatnya tahan lama dan tidak cepat rusak.

Write a Reply or Comment