Begini Perawatan Genset yang Bisa dilakukan Agar Genset Terawat

ruang genset

Agar aktivitas tetap dapat berjalan dengan lancar saat terjadi pemadaman listrik dari PLN, maka mesin genset atau generator set akan dibutuhkan untuk mengcover masalah ini. Genset berfungsi untuk melakukan back up saat PLN melakukan pemadaman tiba-tiba yang membuat aktivitas tersendat. Untuk itulah genset diperlukan dalam banyak kebutuhan dan lini, seperti rumah, rumah sakit, toko, supermarket, dan perusahaan.

Jika dirasa memiliki genset adalah sesuatu yang mahal, tentu Anda salah besar. Saat ini sudah ada banyak genset murah yang dijual di pasaran sehingga memudahkan Anda dalam memiliki mesin ini. Tak hanya itu, kegunaan dan fungsi mesin genset yang sangat banyak membuat uang yang Anda keluarkan untuk mesin genset ini tak terlalu berarti dibandingkan manfaatnya.

Namun jika mesin genset Anda tidak dirawat dengan benar, maka akan mudah terjadi kerusakan pada mesin Anda. Lakukan perawatan secara berkala sesuai jadwal agar mesin genset Anda tetap terawat.

Berikut ini jadwal perawatan genset yang bisa Anda lakukan dalam rangka merawat genset Anda.

  1. Lakukan pengecekan secara umum

Ketika genset sedang menyala atau dalam kondisi ‘on’, maka Anda maupun operator harus waspada akan terjadinya sesuatu yang tidak aman membahayakan pada genset Anda. Ada beberapa part atau komponen yang perlu diperiksa secara teratur dan berkala, antara lain sistem pembuangan, sistem listrik DC atau aki, sistem bahan bakar, mesin, dan sistem kontrol. Dengan pengecekan umum yang terjadwal, maka kerusakan yang terjadi pada mesin genset dapat diminimalisir.

  1. Pemeriksaan pada mesin pelumas

Setelah mengecek secara umum, yang perlu Anda lakukan selanjutnya adalah memeriksa level oli pada mesin saat mesin dalam keadaan mati pada interval tertentu. Misalkan Anda mengecek mesin setelah mati 10 menit, lalu lihat apakah oli pada bagian mesin atas mengalir lagi menuju bak mesin atau tidak.

Dalam perawatan mesin pelumas atau oli ini yang perlu diperhatikan adalah memastikan bahwa Anda tidak pernah mencampur merek oli yang satu dengan yang lainnya, serta selalu mengganti oli pada mesin genset dengan interval tertentu.

  1. Perawatan mesin pendingin

Langkah selanjutnya adalah memeriksa level coolant atau cairan pendingin saat keadaan mesin sedang tidak menyala atau mati. Lepas bagian tutup radiator terlebih dahulu sebelum mesin didinginkan. Anda juga bisa menambahkan pendingin dengan takaran tertentu di bagian tutup radiator.

  1. Perawatan bahan bakar

Jadwal selanjutnya adalah merawat bahan bakar dengan menggunakan sampai habis bahan bakar yang ada di genset saat dipakai agar tak menimbulkan sisa. Sisa bahan bakar pada tanki justru menimbulkan masalah seperti karat yang beresiko tinggi bagi mesin genset.

  1. Perawatan baterai

Selanjutnya lakukan perawatan baterai dengan melakukan beberapa hal berikut seperti pengujian baterai, pembersihan baterai, pemeriksaan berat jenis, dan pemeriksaan tingkat elektronik agar masalah baterai tak menjadi kompleks. Dengan jadwal perawatan baterai yang tepat, maka mesin genset akan lebih awet dan tahan dari resiko kerusakan.

  1. Pemanasan genset

Sama seperti mesin lainnya, genset juga harus dipanaskan secara berkala dan rutin. Pemanasan yang rutin mampu mencegah oksidasi di bagian kontak listrik sehingga kerusakan pada mesin dapat dicegah.

Jadwal perawatan diatas perlu Anda lakukan secara rutin dan berkala agar mesin genset silent Anda selalu terawat. Semoga bermanfaat.

 

Write a Reply or Comment