Perbedaan Genset Tipe Open dan Tipe Silent

Genset atau generator set adalah mesin yang dapat menghasilkan sumber daya cadangan dengan mengubah energi mekanis menjadi energi listrik melalui induksi elektromagnetik. Biasanya genset digunakan sebagai sumber daya listrik cadangan pada saat terjadi gangguan atau pemadaman listrik oleh PLN. Genset pada awalnya ditemukan oleh dua orang ilmuwan yaitu Michael Faraday dan Rudholp Diesel. Michael Faraday menemukan induksi elektromagnetik yang selanjutnya berkembang menjadi generator modern setelah melalui beberapa proses penyempurnaan oleh beberapa ilmuwan, diantaranya Hippolyte Pixii dan Antonio Pacionotti. Sedangkan Rudolph Diesel menemukan generator diesel dengan metode dan desain dimana pembakarannya berlangsung di silinder. Rudolph berhasil memproduksi mesin diesel yang memiliki efisiensi 75%.

Berkat Michael Faraday dan Rudolph Diesel kita dapat tetap melakukan aktifitas tanpa harus terganggu gangguan atau pemadaman listrik. Genset sekarang pun mudah untuk didapatkan, deengan beragam jenis dan kapasitas bisa Anda beli di pasaran. Genset yang sering digunakan adalah genset mesin bensin dan mesin diesel, tipe genset yang tersedia adalah tipe open dan silent. Untuk harga genset juga beragam tergantung kapasitas yang Anda pilih. Apabila memilih dengan teliti Anda bisa mendapatkan harga genset murah dan berkualitas. Jadi jangan terburu-buru saat akan membeli genset, banyaklah mencari referensi dan mengetahui spesifikasi, kekurangan dan kelebihan genset tersebut. Anda juga bisa menyewa genset, banyak yang memberikan jasa sewa genset untuk waktu tertentu. Agar menambah referensi dan informasi sebelum membeli genset, di sini akan dibahas perbedaan antara genset tipe open dan silent.

Genset tipe open atau tipe terbuka adalah genset yang digunakan oleh pengguna yang memiliki power house sendiri, biasanya genset ini ditempatkan di dalam ruangan yang kedap suara atau di luar ruangan karena suaranya yang bising dan nyaring. Genset tipe open ini biasanya digunakan oleh industri besar atau pabrik. Kapasitas yang tersedia untuk tipe open mulai dari 10kVA-2000kVA. Genset ini sudah dilengkapi fitur panel genset manual dan digital sehingga mudah dalam memantau kinerja mesin genset. Tipe ini dapat digunakan untuk penggunaan secara parallel beeberapa unit genset. Perawatan genset ini pun sangat mudah karena kondisi mesin yang terbuka jadi proses bongkar pasang lebih mudah juga dilakukan.

Genset tipe silent atau tertutup adalah genset yang ditutupi box baja yang berfungsi sebagai pelindung mesin dari panas dan hujan, box baja ini juga berfungsi untuk meredam suara keras pada saat genset bekerja di beban tinggi. Genset tipe silent ini dapat ditempatkan di mana saja bahkan di dalam ruangan karena suara yang dihasilkan tidak terlalu bising dan nyaring. Dalam hal perawatan memang agak sedikit lebih rumit dibandingkan tipe open karena harus melepas box baja yang menutupi mesin, tetapi penutup box baja ini sudah dilengkapi system knock down yang dilengkapi pintu akses untuk membongkar bagian dalam genset.

            Itulah beberapa informasi tentang genset tipe open dan silent yang dapat menambah referensi Anda sebelum membeli genset sehingga dapat menentukan pilihan genset yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi tempat Anda. Jika Anda membutuhkan genset murah berkualitas kunjungi website www.abcpowergenset.com.  Selain jual genset, di sini juga melayani sewa genset, mulai dari sewa genset harian, mingguan, dan bulanan. Untuk informasi lebih lanjut hubungi di nomor 021-2255-7715 atau email di sales@abcpowergenset.com.  ABC Power genset menyediakan genset berkualitas dengan harga genset yang bersahabat.

Write a Reply or Comment