Perhatikan 5 Kiat Ini Sebelum Mengoperasikan Genset Pertama Kalinya

pengoperasian genset

Memang tidak ada cara yang paling baku yang diajarkan oleh produsen genset kepada penggunanya bagaimana menggunakan produknya. Tapi tentu orang dewasa sudah paham bagaiaman mengoperasikan mesin sebagaimana mesin-mesin industri yang lainnya karena memang desainnya dibuat semirip dan sepraktis mungkin. Jika anda harus mempelajari berbagai fitur dan fungsi dari tombol dan tuas yang ada di badan genset, tentu akan membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Bagaimana jika anda harus sesegera mungkin menghidupkan genset padahal anda belum pernah mengoperasikannya sama sekali? Ya setidaknya anda mengetahui prosedur pengoperasian sebuah mesin genset ini agar bisa dinyalakan dan difungsikan secepatnya. Tak perlu khawatir karena anda hanya perlu mempelajari kiat-kiat syarat sebuah mesin genset siap dioeperasikan dan hal apa saja yang perlu anda ketahui tentang  seluk beluk mesin genset ini. Berikut ini 5 hal yang harus anda pahami untuk bisa mengoperasikan genset pertama kalinya.

Periksa Bahan Bakar

Tentu hal pertama yang harus anda lakukan adalah meriksa ketersediaan bahan bakar di mesin genset. Untuk urusan bahan bakar, perhatikan bahan bakar apa yang digunakan karena sejauh ini bahan bakar yang umum digunakan adalah bensin dan solar. Untuk genset portable biasanya menggunakan bahan bakar bensin, sedangkan untuk genset yang lebih besar dan skala industri  biasanya menggunakan bahan bakar solar.  Pastikan tangki bahan bakar terisi meskipun tidak penuh.tapi juga tidak terlalu sedikit.

Periksa Oli Mesin

Setelah memastikan ketersediaan bahan bakar, hal berikutnya yang harus anda periksa adalah ketersediaan oli mesin. Pastikan oli mesin terisi penuh sesuai dengan kapasitasnya dan tidak boleh lebih dari standar yang dianjurkan. Jika oli mesin berlebih maka akan menyebabkan mesin tidak bekerja maksimal dan tersendat. Cari tahu tentang jenis oli mesin yang direkomendasikan oleh produsen sehingga anda bisa mengoptimalkan fungsi mesin dengan oli mesin yang sesuai.

Periksa Kondisi Aki

Aki merupakan komponen yang berfungsi saat menghidupkan meisn genset. Jika aki dalam kondisi baik, maka mesin akan segera hidup begitu distarter. Sama seperti mesin mobil yang membutuhkan aki untuk menghidupkan mesin. Jika distarter tetap tidak mau menyala, besar kemungkinan ada masalah dengnan aki dan anda harus menyetrumkan dulu ke tempat servis atau aki telah soak karena lama tidak digunakan.

Periksa Ohm Saklar

Mungking para distributor yang Jual Genset tidak begitu aktif menginformasikan anda tentang cara menghidupkan genset ini, dan tahap berikutnya adalah memastikan ohm saklar dipindahkan untuk arus PLN dalam keadaan mati dan arus generator diposisikan ke menu On. Tak banyak yang tahu tentang hal ini pada saat mengoperasikan genset untuk pertama kalinya. Jadi untuk menghindari kecelakan kerja, hal ini cukup penting untuk diperhatikan.

Hal penting setelah mesin hidup

Setelah mesin genset menyala, ada beberapa hal lainnya yang mesti anda perhatikan lagi untuk memastikan genset menyala sesuai dengan prosedurnya. Beberapa aktiftasi diperlukan untuk membuat genset berjalan dengan stabil dan tanpa kendala pada saat pemakaian beberapa waktu ke depan. Hal penting tersebut adalah memeriksa choke dalam keadaan On. Tuas choke ini biasanya berada di dekat karburator. Lalu pastikan saklar mesin  pada posisi On, dan terakhir pastikan tuas pengatur udara dalam kondisi On juga. Setelah hal ini diperiksa, maka genset bisa difungsikan untuk mengalirkan arus listrik dengan baik.

Baca Juga: Tips Memilih Mesin Genset Untuk Keperluan Bank

Write a Reply or Comment