Permasalahan Umum yang Sering Terjadi Genset

Genset adalah salah satu mesin yang memiliki fungsi penting, terutama ketika pemadaman listrik terjadi. Alat ini berfungsi untuk memberikan sumber daya listrik cadangan.

Tapi, apa yang akan terjadi jika secara tiba-tiba genset mendadak rusak dan mati? Tentunya hal ini sangat mengganggu, apalagi untuk Anda yang sedang mengadakan acara yang membutuhkan genset.

Banyak faktor yang menyebabkan genset rusak, seperti cara merawatnya yang salah atau dikarenakan faktor lainnya. Berikut ini adalah ulasan mengenai penyebab genset tidak menyala.

 

  1. Aki Genset Tidak Cukup Kuat Untuk Menggerakan Mesin 

Pernahkan Anda mengalami kesulitan ketika akan men-starter genset? Jangan panik, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengecek kondisi aki genset.

Bisa jadi penyebabnya karena aki genset Anda tidak cukup kuat untuk menggerakan mesin ketika pertama dinyalakan.

Secara otomatis, kompresi bahan bakar pun tidak sempurna karena putaran mesin rendah, sehingga mesin jadi gagal menyala.

Bagaimana cara mengatasinya? Anda harus melakukan pengecekan rutin terhadap permukaan air elektrolit aki, jangan biarkan terminal aki kotor. Anda bisa  membersihkannya dengan air panas atau ganti aki dengan yang baru.

 

  1. Overheating 

Terjadinya overheating atau mesin mengalami kepanasan karena terlalu lama digunakan bisa menyebabkan genset mati mendadak saat sedang beroperasi dan sulit dinyalakan kembali.

Apabila sistem pendinginan atau pelumasan mesin terdapat gangguan, maka genset akan menghasilkan panas yang berlebihan. Pastikan selalu sistem pendinginan atau pelumasan genset dalam keadaan optimal.

 

  1. Tercampurnya Bahan Bakar Dengan Air

Anda harus berhati-hati dalam menggunakan genset, karena jika air tercampur dalam bahan bakar mesin, bisa menyebabkan genset sulit menyala.

Larutan solar tidak akan menyatu dengan air, sehingga tidak mampu menggerakkan mesin dengan sempurna. Air juga menjadi penyebab karat dan gangguan cara kerja sistem injeksi. Inilah yang mengakibatkan mesin berubah macet dan susah menyala kembali.

Cara mengatasi masalah seperti ini adalah dengan memastikan tangki dalam keadaan optimal, atau bisa juga menambahkan water separator di dalam saluran bahan bakar genset.

 

  1. Jarang Memanaskan Genset

Untuk mencegah terjadinya kerusakan pada genset, sebaiknya dilakukan pemanasan pada genset minimal seminggu sekali. Genset yang susah menyala bisa jadi dikarenakan genset jarang dipanasi.

Genset yang jarang digunakan bisa menyebabkan komponen mesin berkarat dan oli pelumas yang melumasi mesin akan kembali ke tangki oli, sehingga onderdil mesin menjadi kering karena tidak terlindung dengan pelumas.

Itulah penyebab genset tidak bisa dinyalakan dan cara mengatasinya. Apabila Anda membutuhkan jasa penyewaan genset, hubungi ABC Power Genset. Kami menyediakan genset dengan beragam kapasitas yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Write a Reply or Comment