Pertama Kali Glamping? Ini Barang-Barang Yang Perlu Anda Siapkan

tips melakukan glamping
ilustrasi

Pernahkah Anda mendengar istilah glamping? Glamping merupakan gabungan dari kata glamoru dan camping. Dengan kata lain, glamping ini memang merupakan aktivitas berkemah hanya saja lebih mewah. Anda tak akan merasaka tidur di tanah yang keras dan berada di tenda sempit. Anda juga tak perlu mandi di sungai atau makan dengan memanggang ikan di api unggun. Saat melakukan glamping, Anda bisa tidur dengan nyaman di tenda yang luas dan berbaring di atas kasur empuk. Anda juga bisa mandi air panas dan tentu saja menyantap hidangan ala restoran.

Sayangnya, tempat-tempat glamping yang saat ini ada di Indonesia harganya cenderung mahal, bahkan ada yang lebih mahal dari biaya menginap di hotel. Tapi Anda tetap bisa kok, membuat glamping sendiri yang meski lebih sederhana tapi tetap nyaman. Inilah barang-barang yang akan Anda perlukan saat glamping:

Tenda berukuran besar

Hal pertama yang akan memberikan kenyamanan maksimal saat glamping adalah memilih tenda berukuran besar. Pilih tenda kabin yang memiliki tinggi hingga 2 meter dengan luas 5 meter. Tenda ini tentu menjadikan Anda bisa bergerak dengan bebas dan leluasa. Anda juga tak akan merasa sesak karena sirkulasi udara di dalam tenda jenis ini cukup baik. Di dalamnya Anda juga bisa meletakkan berbagai jenis benda yang dibutuhkan. Dan yang terpenting, di tenda semacam ini Anda bisa merasakan keseruan berkemah bersama seluruh anggota keluarga.

Matras empuk

Kalau Anda sudah menyiapkan tenda yang berukuran besar, kini saatnya membawa matras empuk untuk tidur. Ya, dengan ukuran tenda luas tentu Anda bisa membawa matras yang lebih besar dan tebal. Hal ini tentu akan membuat Anda bisa beristirahat dengan nyaman. Tak hanya itu saja, Anda juga akan terhindar dari hawa dingin karena tidur beralaskan kasur yang cukup tebal. Jangan lupa juga bawa pelengkap seperti bantal, guling, dan selimut sehingga Anda akan merasa lebih nyaman ketika beristirahat.

Peralatan memasak

Ya, saat glamping tentu Anda tak ingin hanya makan mie instan dan sosis yang dibakar ala kadarnya di atas api unggun. Anda mungkin ingin makan masakan yang lebih keren seperti steak atau spaghetti. Semuanya mungkin-mungkin saja kok, asal Anda membawa peralatan masak yang cukup lengkap. Jangan lupakan juga blender untuk menghancurkan bumbu tanpa perlu menguleknya, oven untuk memanggang daging, dan tentu pan berukuran besar.

Lampu

Yang juga tak kalah penting, supaya glamping benar-benar berkesan, Anda perlu membawa sumber pencahayaan yang cukup. Apalagi jika Anda memiliki tenda yang luas, maka pastikan setiap sudut diterangi dengan lampu. Anda juga perlu meletakkan lampu di luar tenda supaya sekitarnya lebih terang dan menyenangkan. Dengan adanya lampu, Anda jadi bisa melakukan berbagai aktivitas favorit mulai dari membaca sampai bermain gitar dengan leluasa.

Genset

Satu hal lagi yang tak boleh dilupakan dari glamping, yakni genset. Semua hal tak akan ada artinya tanpa sumber listrik yang bisa menyalakan peralatan elektronik. Nah, untuk berkemah Anda bisa membawa genset berukuran kecil dengan daya yang tidak terlalu besar. Tapi kalau berkemah beramai-ramai, boleh juga membawa genset dengan daya yang agak besar supaya bisa digunakan oleh semua orang. Agar kemah lebih nyaman, Anda bisa memilih genset silent yang bisa beroperasi tanpa suara berisik.

Write a Reply or Comment