Pertama Kali Pakai Genset? Hal Ini Yang Perlu Anda Jadikan Perhatian!

ilustrasi pengguna generator set pemula
ilustrasi

Anda mungkin bukan tipe orang yang membutuhkan genset dirumah. Ketika terjadi pemadaman, Anda tak akan keberatan untuk menunggu sampailistrik menyala karena memang tak ada pekerjaan mendesak yang harusdiselesaikan. Tapi beda halnya kalau Anda memiliki sebuah bisnis atau homeindustry, genset ini merupakan alat yang sangat dibutuhkan. Bayangkan sajabagaimana kalau sampai listrik mati seharian, bukankah bisnis dan industri jaditerganggu?

Maka dari itu, genset merupakan pilihan terbaik untukdigunakan. Ada banyak sekali jenis genset yang ada di pasaran. Kalau Andamerasa terganggu dengan suara genset yang sangat berisik, saat ini banyak kokyang jual genset silent. Ya, Anda bisa mendatangi tempat jual genset danmenanyakan apakah mereka memiliki genset silent. Seperti namanya, genset jenisini bisa bekerja tanpa mengeluarkan suara berisik.

Nah, untuk Anda yang baru pertama kalinya memakai genset, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menggunakannya. Berikut informasinya:

Cek Dulu Bahan Bakarnya

Hal pertama yang perlu Anda lakukan sebelum menyalakan generator adalah memeriksa ketersediaan bahan bakarnya. Bahan bakar merupakan hal terpenting untuk memastikan genset bisa bekerja dan menghasilkan listrik. Jika bahan bakar masih kosong, pastikan untuk mengisinya terlebih dahulu. Lakukan pengisian genset dalam kondisi mesin mati. Pastikan untuk mengisi dengan rapi dan tak sampai ada bahan bakar yang tercecer. Anda juga sebaiknya tidak mengisi bahan bakar terlalu penuh sampai dengan meluber. Jika Anda mendapati ada tumpahan bahan bakar, segera lap hingga bersih supaya tak memicu percikan api.

Ketahui Apakah Pelumasnya Terisi Penuh

Untuk bisa bekerja dengan maksimal, genset harus terisi penuh dengan pelumas. Pelumas pada genset sendiri biasanya berupa oli dengan jenis tertentu. Fungsi dari pelumas ini sendiri adalah untuk memperkecil gesekan pada generator yang bisa menyebabkan mesin terlalu panas dan kemudian timbul api. Jika sudah muncul api, maka hal tersebut akan sangat berbahaya karena bisa menyebar dengan mudah dan menyebabkan kebakaran. Untuk mengetahui jenis oli yang tepat untuk genset Anda, pastikan bertanya terlebih dahulu kepada penjualnya.

Periksa Bagaimana kondisi Akinya

Sebelum menggunakan genset, Anda juga harus memeriksa terlebih dahulu bagian akinya. Untuk bagian ini pemeriksaan memang hanya bisa dilakukan dengan mencoba menyalakan genset. Jika genset langsung menyala dengan mulus, itu berarti kondisi akinya cukup baik. Namun jika genset tidak bisa langsung dinyalakan, maka itu berarti akinya bermasalah dan harus diganti terlebih dahulu. Jadi usahakan untuk secepatnya mengganti aki meski pada akhirnya genset bisa menyala dengan beberapa kali percobaan.

Selalu Panaskan Genset

Hal yang jarang diketahui orang adalah genset juga perlu dipanaskan seperti halnya kendaraan bermotor. Genset ini harus dibiarkan menyala setidaknya selama 5 atau 10 menit sebelum mulai menambahkan beban. Untuk menambahkan beban pun lakukan satu persatu jangan dilakukan berbarengan untuk menghindari lonjakan pada genset.

Kalau Anda ingin mencari genset berkualitas, pastikan selalu memilih produk di distributor genset ABC Power. Ada banyak merek berkualitas seperti Cummins, Perkins, Yanmar, dan Foton yang bisa Anda pilih. Untuk harga tentu saja berbeda sesuai dengan dayanya. Jadi pastikan Anda memilihnya sesuai dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki. Jika sudah memiliki genset, pastikan selalu memperhatikan perawatannya supaya genset senantiasa awet digunakan dalam waktu lama.

Write a Reply or Comment