Hal-Hal Yang Perlu Anda Pertimbangkan Tentang Genset Emergency

Genset sebagai solusi saat darurat

Memiliki genset memang merupakan cara cerdas untuk memastikan aktivitas bisa berjalan dengan lancar meski terjadi pemadaman listrik. Nah, saat ini banyak sekali jenis genset yang ada di pasaran terutama jenis emergency yang bisa dipakai ketika terjadi pemadaman listrik mendadak. Saat menggunakan genset emergency, ada banyak hal yang perlu Anda perhatikan seperti berikut ini:

Jauhkan genset dari pemukiman penduduk

Genset adalah hal terbaik yang akan Anda miliki saat terjadi pemadaman listrik. Namun di sisi lain, penggunaan yang sembrono bisa membuat Anda pingsan atau bahkan nyawa terancam. Ada banyak kasus kecelakaan yang berujung kematian karena penggunaan genset yang tidak tepat, salah satunya adalah kasus keracunan karbon monoksida.

Seperti halnya mesin pembakaran internal, mesin genset mengeluarkan gas karbon monoksida, yang dapat membuat Anda sakit kepala, pingsan dan bahkan berdampak mematikan. Tapi tenang saja, hal ini mudah dicegah dengan cara tidak menyalakan genset di garasi atau teras dan pastikan jaraknya setidaknya 10 meter dari daerah pemukiman.

Pertimbangkan membeli genset siaga

Genset siaga, tidak seperti genset portabel, terhubung secara permanen ke sistem listrik Anda dan berjalan secara otomatis ketika listrik padam. Genset siaga jauh lebih tenang sehingga tidak mengganggu saat digunakan. Anda dapat membeli satu genset yang cukup besar untuk memberi daya pada segala sesuatu di lokasi usaha ataupun tempat lain yang Anda inginkan, atau Anda dapat membeli unit yang lebih kecil dan memilih sirkuit yang paling penting untuk dihidupkan. Genset siaga ini biasanya memiliki harga lebih mahal dan harus diinstal oleh ahlinya. Di sisi lain, genset portabel membutuhkan kabel ekstensi yang mahal atau sakelar transfer.

Pastikan genset dan sparepart genset mudah didapatkan

Anda dapat menemukan banyak sekali genset dengan berbelanja online. Tapi apa yang akan Anda lakukan jika Anda tidak bisa melakukan servis di kota tempat tinggal Anda? Terkadang ada baiknya mengeluarkan sedikit tenaga dan waktu ekstra untuk membeli dari dealer setempat. Sparepart genset sudah pasti tersedia dan mudah didapatkan, Anda juga bisa dengan mudah melakukan prosedur perawatan dan perbaikan genset.

Sediakan saklar transfer untuk perangkat penting

Anda dapat menggunakan kabel ekstensi dari genset portabel Anda untuk memberi daya pada perangkat apa pun dengan colokan, tetapi apa pun yang terhubung langsung ke kabel bangunan, termasuk hal-hal penting seperti pompa air dan pemanas air listrik memerlukan saklar transfer. Saklar transfer manual pada dasarnya adalah kotak pemutus sirkuit kecil yang Anda pasang di sebelah panel listrik utama Anda. Anda mencocokkan kapasitas saklar transfer dengan watt genset Anda. Kemudian Anda memilih sirkuit mana yang akan dihubungkan ke sakelr transfer.

Menggunakan sakelar transfer adalah satu-satunya cara aman untuk menghubungkan genset Anda ke kabel bangunan. Ini mencegah kemungkinan korsleting atau adanya tegangan yang terlalu tinggi pada kabel. Jika Anda memutuskan untuk tidak memasang sakelar transfer manual, Anda akan memerlukan kabel extension heavy duty yang harganya cukup mahal.

Untuk mendapatkan harga genset terbaik, tak ada salahnya melakukan berbagai perbandingan antar merek genset. Anda bisa saja memilih genset Lovol atau jenis genset lainnya yang memiliki spesifikasi sesuai dengan kebutuhan dan juga mudah dioperasikan. Pastikan juga harganya sesuai dengan budget yang Anda sediakan, ya!

Write a Reply or Comment