Pilih Genset Baru Atau Genset Second?

genset silent murah industri

Jual Genset – Bisa dibilang, saat ini genset merupakan kebutuhan yang sangat vital dan penting, hampir semua lini membutuhkan genset untuk berbagai keperluan. Baik perusahaan, pabrik, maupun rumah tangga, genset menjadi barang penting yang harus dimiliki. Ketika PLN memadamkan listrik secara mendadak, maka pabrik, perusahaan, mall, serta rumah tangga tentu akan kalang kabut. Untuk itulah diperlukan peran genset disini.

Namun terkadang harga genset yang tak selalu pas di kantong membuat banyak orang berpikir untuk  membeli genset second atau bekas. Meskipun bekas, banyak genset yang masih bagus dan layak pakai sehingga masih bisa dipakai untuk berbagai keperluan.

Pembelian genset baru maupun second pada umumnya dipengaruhi oleh beberapa faktor berikut ini:

  1. Nyaman atau tidaknya genset saat digunakan

Salah satu hal yang paling dilihat saat membeli genset adalah penilaian terhadap merek tertentu. Selain itu, faktor kenyamanan pun turut berperan dalam hal ini, terutama untuk pemakaian jangka panjang. Jadi ketika seseorang memutuskan untuk membeli genset baru, biasanya ia akan berpikir soal garansi, jaminan, sistem operasional, serta hal-hal lain yang tidak akan didapat jika membeli genset second. Sedangkan pada seseorang yang nyaman untuk membei genset bekas, biasanya berhubungan dengan dana maupun anggaran yang ia miliki.

  1. Pembelajaran instalasi

Jika Anda memutuskan untuk membeli genset baru, maka Anda akan bisa merawat genset tersebut dari awal sambil belajar. Anda akan mendapatkan pembelajaran serta perawatan genset sebagai pemilik awal. Anda pun akan tahu sejak awal bagaimana genset yang Anda beli karena Anda adalah tangan pertama.

  1. Kualitas

Ngomong-ngomong soal kualitas, biasanya genset baru akan lebih berkualitas dari genset second. Meskipun dalam hal ini bukan berarti genset bekas adalah produk yang tidak berkualitas. Ada banyak genset second yang masih bagus dan berkualitas tinggi meskipun sudah terlebih dahulu digunakan.

Lalu jika Anda ingin membeli genset, hal-hal apa saja yang perlu Anda pikirkan? Coba cek hal-hal berikut ini.

  1. Bugdet yang dimiliki

Sebelum membeli genset, jangan lupa untuk menghitung dan mempertimbangkan terlebih dahulu dana yang Anda miliki. Sesuaikan dana yang dimiliki dengan harga genset yang ingin Anda beli. Jika dana Anda cukup, Anda bisa membeli genset baru. Namun jika budget Anda minim, membeli genset second juga tak ada masalah.

  1. Jenis genset

Anda juga perlu memperhatikan dan mempertimbangkan kebutuhan Anda untuk melihat jenis genset apa yang perlu Anda beli. Genset silent maupun genset apapun, baik yang baru maupun yang bekas, tetap perlu Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Mungkin jika hanya dipakai untuk keperluan rumah tangga, membeli genset second lebih cocok. Namun untuk perusahaan maupun pabrik, genset yang baru dan gress terasa lebih mumpuni.

  1. Lokasi pembelian

Baik genset second maupun baru yang akan Anda beli nanti, Anda juga perlu mempertimbangkan dimana Anda akan membeli mesin genset. Sebisa mungkin pilih penjual yang kredibel, terpercaya, serta amanah supaya Anda tak salah pilih. Pilihlah penjual yang melayani dengan profesional, supaya Anda tepat dalam membeli genset yang Anda inginkan. Salah satu caranya adalah dengan melihat review atau testimoni penjual di internet atau dimanapun.  Jangan sampai Anda menyesal lantaran membeli genset dengan kualitas yang buruk dan tidak sesuai ekspektasi.

Itulah beberapa faktor yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli genset baru maupun bekas. Yang terpenting sesuaikan dengan kebutuhan Anda dan dana yang Anda miiliki.

Write a Reply or Comment