Sementara Listrik Belum Bisa Dipulihkan, PLN Kirimkan Genset Ke Palu

genset silent yang ramah lingkungan

Pasca terjadinya gempa dan tsunami di Palu, aliran listrik memang belum bisa dikembalikan seperti sedia kala. PLN sendiri menuturkan bahwa pihaknya akan terus berusaha mengatasi masalah tidak adanya listrik tersebut secepat mungkin. Namun sambil menunggu perbaikan, PLN memberikan bantuan berupa genset untuk penerangan sementara dan membantu memenuhi kebutuhan listrik di kawasan pemukiman korban.

Menurut Syofvi Felienty Roekman selaku Direktur Perencanaan Korporat PLN, sudah ada setidaknya 70 genset yang diberangkatkan ke Palu. Namun jumlah tersebut belum final. Nantinya masih akan ada banyak genset lain yang akan dikirim secara bertahap. Syofvi mengungkapkan setidaknya akan ada 90 genset yang dikirim ke Palu dan terutama ditujukan ke kawasan yang masih belum tersentuh banyak bantuan.

Apalagi secara keseluruhan, baru sekitar 20 persen saja listrik yang menyala di Palu dan Donggala. Sementara selebihnya masih belum ada listrik sehingga menyulitkan aktivitas warga dan juga relawan. Syovfi menegaskan genset ini hanya dijadikan solusi sementara di saat PLN belum bisa memulihkan listrik di kawasan Palu dan Donggala. Genset ini terutama akan diberikan di lokasi-lokasi yang banyak aktivitas seperti wilayah pengungsian, bangunan publik dan kantor pemerintahan, serta tentu saja rumah sakit.

Meski sudah ada genset sebagai solusi sementara, PLN juga tak tinggal diam. PLN terus menurunkan tambahan personel untuk memulihkan listrik di Palu dan Donggala. Ada ratusan personel yang bekerja keras untuk memastikan ketersediaan listrik. Hal ini dilakukan karena kerusakan yang ada di Palu dan Donggala saat ini memang sangat parah. Menurut Syofvi, kerusakan yang ada di Palu dan Donggala ini adalah yang paling parah dari beberapa bencana yang pernah terjadi di tanah air.

Hampir seluruh gardu listrik yang berada di Palu dan Donggala lumpuh total. Ada 5 gardu yang benar-benar tidak bisa beropersai sehingga hanya tersisa 2 gardu saja milik PLN. Itulah yang membuat genset menjadi solusi utama untuk mengatasi kebutuhan listrik di Palu dan Donggala saat ini.

Genset adalah solusi untuk kebutuhan listrik darurat

Jika PLN saja mengandalkan genset untuk menyediakan listrik darurat, maka sudah sepatutnya Anda pun memiliki genset di hunian. Tak hanya dibutuhkan di fasilitas publik saja, rumah tangga pun sangat membutuhkan genset. Apalagi di tengah cuaca yang tidak menentu saat ini, yang terkadang bisa terjadi hujan badai, listrik kadang mati mendadak dalam waktu yang cukup lama. Saat hal ini terjadi, tentu Anda jadi tidak bisa beraktivitas dengan baik.

Maka dari itu, genset bisa dijadikan solusi terbaik untuk tetap bisa beraktivitas dengan nyaman saat mati listrik. Saat ini juga banyak sekali harga genset murah dimulai dari Rp 1 jutaan saja. Merek genset pun ada banyak sekali, seperti genset Foton, genset Yanmar, dan juga genset Perkins. Berbagai jenis genset ini bisa didapatkan dengan mudah di Indonesia, termasuk juga untuk sparepartnya.

Jika sudah memiliki genset sendiri di rumah, pastikan Anda memperhatikan dengan baik perawatannya. Genset yang dirawat dengan baik akan bisa bekerja lebih optimal dan bertahan lebih lama dibandingkan dengan genset yang kurang terawat. Jangan lupa juga menggunakan bahan bakar berkualitas supaya mesin genset selalu bisa bekerja lebih ringan dan tidak menghasilkan asap sisa pembuangan yang terlalu banyak.

 

Write a Reply or Comment