PLN Padamkan Listrik, Operasional PDAM Terkendala

spesifikasi genset cummins
ilustrasi

Pada pertengahan bulan November 2018 kemarin terjadi pemadaman listrik secara menyeluruh oleh PT PLN. Banyak daerah atau tempat yang terkendal akibat pemadaman tersebut. Bahkan salah satu pihak yang merasa sangat dirugikan adalah Perusahan Daerah Air Minum (PDAM) Makassar.

Pada pertengahan bulan November 2018 kemarin terjadi pemadaman listrik secara menyeluruh oleh PT PLN. Banyak daerah atau tempat yang terkendal akibat pemadaman tersebut. Bahkan salah satu pihak yang merasa sangat dirugikan adalah Perusahan Daerah Air Minum (PDAM) Makassar.

Lantas apa hubungannya PDAM dengan pemadaman listrik yang dilakukan oleh PLN? Memang secara logika PDAM adalah perusahaan milik negara yang mengurusi masalah distribusi air ke masyarakat, sedangkan PLN adalah perusahaan milik negara yang mengurusi masalah distribusi listrik, jadi dapat dikatakan bahwa tidak ada korelasi langsung antara keduanya.

Namun ternyata ketika terjadi pemadaman listrik total atau disebut dengan istilah Black Out, mesin-mesin sampai dengan pompa yang dimiliki pihak PDAM untuk mengolah dan mendistribusikan air menjadi ikut berhenti. Hal tersebut disampaikan oleh Humas PDAM Makassar Muhammad Idris Tahir saat terjadinya pemadaman listrik di SulSelBar, khususnya di daerah Makassar tersebut.

Menurut Idris, operasional PDAM mayoritas menggunakan perangkat elektronik yang mana mau tidak mau juga harus bergantung pada ketersediaan aliran listrik. Jadi ketika terjadi pemadaman listrik, maka Instalasi Pengolahan Air PDAM menjadi terhenti, padahal di saat yang sama, normalisasi dan distribusi air harus tetap dilakukan.

Dikarenakan masalah pemadaman tersebut, mau tidak mau pihak PDAM Makassar harus menggunakan mesin genset sebagai pembangkit tenaga listrik alternatif. Hanya saja, menurut Idris, apa yang bisa diperbuat mesin-mesin genset tersebut tidak maksimal karena hanya digunakan di 2 instalasi saja. Jadi dapat dikatakan hanya mampu mengalirkan air maksimal 70 persen saja dari kapasitas normal.

Oleh karenanya, pendistribusian kepada para pelanggan atau masyarakat menjadi terkendala, bahkan ada yang terhenti sepenuhnya. Dan hal tersebut telah terjadi selama 2 hari berturut-turut sejak pemadaman listrik oleh PLN dilakukan. Idris juga menegaskan bahwa pihaknya tidak mendapatkan informasi langsung dari PLN terkait pemadaman tersebut sehingga PDAM tidak dapat menginformasikan kembali ke masyarakat.

Idris juga menyampaikan selama Black Out terjadi, PDAM Makassar menerima banyak sekali keluhan dari masyarakat. Tidak sedikit yang mengeluhkan kinerja mereka padahal sebenarnya yang menjadi titik porosnya adalah ketiadaan aliran listrik untuk mengoperasikan instalasi.

Sejauh ini memang listrik di SulSelBar sudah berangsur-angsur normal, namun pihak PDAM tetap berupaya untuk mengantisipasi jika ada pemadaman listrik lanjutan nantinya. Ditambah lagi, setiap kali ada pemadaman, maka pihak PDAM harus melakukan normalisasi yang membutuhkan waktu tidak sebentar, yaitu dari 4 sampai 24 jam lamanya. Setelah melakukan normalisasi, maka baru supply air ke seluruh pelanggan dapat kembali merata seperti sedia kala.

Tentunya bukan PDAM Makassar saja yang pernah mengalami kejadian kurang mengenakkan terkait pemadaman listrik di daerah sekitarnya itu. Banyak cabang-cabang PDAM di berbagai daerah di Indonesia yang juga pernah mengalami hal yang sama.

Contohnya saja di Malang, Ponorogo, Sabang, Bantul, Magelang, Situbondo, Madiun, Karawang, Bogor, Palembang, Gresik, Jambi, Banjar, Bengkulu, Maros, Tangerang, Pontianak, Panajam, Kendari, Pangkep, Kudus dan banyak lagi lainnya.

Terkait dengan hal ini, walaupun tidak semua kantor cabang PLN melakukannya, namun khususnya untuk daerah Malang dan sekitarnya, PT PLN akan memberikan prioritas lebih dan utama kepada daerah-daerah yang terdapat tandon air agar supply dan distribusi oleh PDAM tidak terkendala. Adapun jika terpaksa harus dilakukan, pemadaman akan dilakukan selama 10 sampai 15 menit saja.

Untuk itu, bagi masyarakat umum ataupun perusahaan besar, kepemilikan sebuah mesin genset sebagai generator listrik alternatif dirasa sangat perlu karena semua orang tidak pernah tahu kapan bakal terjadi pemadaman listrik. Dan bagi yang ingin memiliki sebuah mesin genset, maka dapat mengunjungi website ABC Power segera. Pasalnya, di ABC Power terdapat berbagai macam jenis genset, seperti salah satunya genset Yanmar. Harga genset Yanmar di ABC Power pun juga bersaing dengan harga yang ada di pasaran.

Write a Reply or Comment