Prinsip Kerja Genset yang Harus diketahui

tentang cara kerja generator set

Genset atau generator set merupakan sebuah alat yang berfungsi untuk memasok tenaga listrik saat terjadi pemadaman dari PLN sehingga mampu mencegah tersendatnya aktivitas sehari-hari atau perusahaan akibat pemadaman tersebut. Berkat adanya genset, aktivitas yang membutuhkan listrik tetap dapat berjalan seperti sedia kala meskipun listri dari PLN dipadamkan. Fungsi genset yang sangat fungsional inilah yang membuat genset kian dibutuhkan dari hari ke hari.

Terlebih genset murah yang bisa dibeli dengan Harga Genset yang terjangkau pasti laris manis di pasaran. Banyak pihak yang membutuhkan genset model ini lantaran sangat berguna untuk aktivitas sehari-hari. Selain rumah tangga, genset juga banyak dipakai di perusahaan, pabrik, maupun pertokoan yang membutuhkan banyak daya listrik tanpa harus terganggu oleh pemadaman.

Lalu Bagaimana Sistem kerja genset?

Genset sifatnya mampu mengubah energi mekanik menjadi energi listrik sebagai outputnya. Energi mekanik yang dimaksud diatas berasal dari sumber eksternal. Sejatinya genset ini tidak benar-benar membuat energi listrik, melainkan genset menggunakan energi mekanik yang tersedia untuk memaksa pegerakan muatan listrik dalam kawat gulungan melalui sebuah sirkuit listrik eksternal.

Dalam hal ini genset mampu mengubah energi yang ada pada bahan bakar menjadi energi gerak yang kemudian diubah menjadi energi listrik oleh alternator. Aliran muatan yang ada merupakan arus keluaran yang dipasok oleh generator. Jadi dibutuhkan kinerja yang cukup rumit dan menyeluruh untuk bisa menghasilkan aliran listrik dari sebuah genset.

Sistem kerja genset kompleks ini pertama kali ditemukan oleh Michael Faraday pada tahun 1831-1832. Pada penemuan tersebut, Faraday mampu membuktikan bahwa aliran listrik bisa dihasilkan hanya dengan memindahkan konduktor listrik yang mengandung listrik dalam sebuah medan magnet. Gerakan pemindahan tersebut menghasilkan perbedaan tegangan antara kedua ujung konduktor yang membuat listrik dapat mengalir dan menghasilkan arus listrik.

Mesin genset memiliki cara kerja yang berbeda menurut kenis arus listriknya. Terdapat 2 jenis arus listrik disini, yaitu Mesin Generator Set Listrik Alternator (AC) dan Mesin Generator Set Listrik Dinamo (DC).

Pada genset AC, terdapat 2 kutub magnet yang saling berhadapan kemudian menghasilkan medan magnet. Diantara kedua magnet yang berhadapan tersebut terdapat sebuah kumparan yang dapat berputar. Kumparan yang berputar ini menghasilkan gaya magnet yang berubah-ubah sehingga menghasilkan arus listri. Arus listrik disini merupakan arus listrik bolak balik yang bentuknya menyerupai gelombang.

Berbeda dengan genset DC yang cara kerjanya seperti mesin genset alternator. Genset DC menggunakan system cincin belah atau komutator yang terletak di bagian output.

Mesin genset memerlukan bahan bakar

Dalam melakukan tugasnya, genset memerlukan bahan bakar. Bahan bakat ini diperlukan untuk semua jenis genset. Bahan bakar yang umumnya digunakan adalah bensin atau solar, biasanya distributor Jual Genset menjual genset sepaket dengan bahan bakar yang digunakan. Selain itu, ada juga tenaga baru berupa sinar matahari dengan media lempengan panas yang digunakan sebagai bahan bakar untuk menggerakkan genset.

Komponen utama dalam genset

Untuk melakukan kinerja yang cukup berat diatas, komponen genset haruslah lengkap. Berikut ini adalah komponen yang wajib ada dalam mesin genset gara dapat bekerja dengan maksimal.

  1. Mesin
  2. Alternator
  3. Voltage regulator
  4. Fuel system
  5. Cooling and exhaust systems
  6. Control panel
  7. Lubrication system
  8. Battery charger
  9. Frame

Itulah komponen serta cara kerja mesin genset yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: Ternyata bisnis bioskop sangat membutuhkan genset

Write a Reply or Comment