Punya Genset Diesel, Seperti Ini Cara Merawatnya

mencari daftar harga genset
ilustrasi

Genset diesel saat ini cukup banyak digemari karena dianggap jauh lebih praktis dalam hal pengisian bahan bakar. Namun yang jarang diketahui, genset diesel ini ternyata juga membutuhkan nperawatan dengan seksama seperti halnya genset dengan bahan bakar solar. Tanpa perawatan yang tepat, genset diesel akan lebih mudah rusak dan tidak bertahan lama. Jika Anda memiliki genset diesel, yuk simak beberapa tips perawatannya berikut ini:

Mulai dari manual book

Setiap kali membeli genset, Anda pasti akan mendapatkan manual book yang berisi cara mengoperasikan, menginstal, mengisi bahan bakar, dan lain sebagainya. Banyak sekali pengguna genset yang malas membaca manual book dan lebih suka bertanya kepada orang lain saat menghidupkan genset. Tak sedikit juga yang lebih suka coba-coba dan mencari tahu sendiri. Secara umum, pemeliharaan genset  memang sama. Tapi tetap saja setiap merek memiliki kebutuhan yang berbeda. Jadi ada baiknya Anda lebih memperhatikan detail yang ada pada manual book untuk menjaga performa genset bahan bakar diesel agar tetap prima.

Selalu periksa kondisi kabel

Tips perawatan berikutnya untuk menjaga agar genset diesel tetap oke dalam waktu lama adalag memperhatikan pemasangan genset. Hal ini bisa dilakukan secara berkala untuk mengetahui apakah ada kabel yang kendor atau terkelupas. Kabel ini juga bisa menyebabkan korsleting jika terjadi kerusakan. Maka dari itu, pastikan selalu mengecek kondisi kabel dan segera menggantinya apabila Anda menemukan ada lubang atau bagian luar yang terkelupas.

Hindarkan dari area yang lembap

Genset dengan bahan bakar diesel sebaiknya juga tidak diletakkan di area yang lembap. Pastikan tempat meletakkan genset sepenuhnya kering dan memiliki sirkulasi udara yang cukup. Akan lebih baik jika genset tidak diletakkan di dalam ruangan untukmenghindari resiko keracunan gas. Tempatkan genset di luar ruangan namun pastikan untuk memilih area yang teduh dan tidak terkena matahari langsung. Jika memungkinkan, Anda juga perlu memasang pagar di sekitar genset terutama yang memiliki daya besar untuk menghindari resiko tersetrum.

Pastikan menjaga kebersihan genset

Hal berikutnya yang juga perlu Anda perhatikan adalah kebersiihan dari genset. Hal ini memang sangat jarang diperhatikan sebab kebanyakan orang  menganggap kalau genset tidak perlu dibersihkan. Padahal, banyaknya kasus kebakaran genset yang terjadi ini dikarenakan kurangnya kebersihan genset. Pada saat mengisi bahan bakar diesel, biasanya akan ada diesel yang menetes. Jika tidak langsung dibersihkan, lama-lama akan menjadi kerak yang menumpuk. Saat ada korsleting dan muncul percikan api, kerak diesel ini pun bisa memperbesar api dan menyebabkan kebakaran. Selain itu, bekas diesel yang tidak pernah dibersihkan juga akan menimbulkan aroma yang menyengat.

Jadwalkan perawatan berkala

Kalau Anda sudah  menjaga kebersihan genset dan mengecek kabel dengan rutin, pastikan juga untuk selalu melakukan perawatan secara berkala. Perawatan ini meliputi pengecekan kesuluruhan kompunen genset termasuk bagian dalamnya dan sparepart genset. Jadi jika ada kerusakan bisa segera diperbaiki dan tidak akan merembet ke bagian lainnya. Sebab jika genset sudah terlanjut mengalami kerusakan parah, jelas perbaikannya akan lebih rumit lagi dan memakan biaya yang cukup besar.

Genset sendiri sebenarnya merupakan peralatan yang bisa tahan dalam waktu sangat lama. Tapi di satu sisi, perawatan yang kurang tepat akan mengurangi usia dan performa genset yang Anda gunakan.

Write a Reply or Comment