Sebelum Membeli Genset, Perhatikan Dulu Hal-Hal Berikut

tips membeli genset

Genset atau generator set, merupakan alat penyedia listrik yang dapat membantu memenuhi kebutuhan beberapa sektor usaha yang memerlukan daya listrik yang besar. Genset dapat berfungsi untuk menyimpan daya listrik sehingga Anda dapat menggunakan listrik ketika pasokan listrik dari Perusahaan Listrik Negara (PLN) mati atau tidak mencukupi. Tidak hanya pada sektor usaha seperti UMKM, minimarket, restoran, SPBU dan sebagainya saja, tetapi genset juga banyak digunakan untuk kebutuhan rumah tangga.

Ada banyak tipe, jenis, produk dan tempat jual genset dan sewa genset di pasaran yang membuat Anda harus lebih jeli ketika sedang mencari dan memutuskan untuk membeli atau menyewanya karena jika Anda salah dalam membeli atau menyewa genset maka dapat berakibat fatal dan merugikan seperti:

  • Power genset yang dihasilkan kurang dari spesifikasi dan tidak bekerja maksimal.
  • Sulit untuk dioperasikan atau tidak user friendly.
  • Tidak dilengkapi pengamanan sesuai standar.
  • Mengeluarkan bunyi yang sangat bising dan menggangu.
  • Biaya operasi yang tinggi baik untuk bahan bakar atau kerusakan yang bersifat terus-menerus.
  • Genset yang dibeli atau disewa adalah genset rekondisi.

Untuk mencegah terjadinya kesalahan dalam membeli genset, ada baiknya jika Anda memperhatikan beberapa hal di bawah ini dalam memilih genset yang bagus dan berkualitas:

Cari Genset Sesuai dengan Kebutuhan Daya Listrik yang Digunakan

Hal pertama kali yang perlu Anda perhatikan saat ingin membeli atau menyewa genset yaitu dengan memastikan Anda sudah mengetahui terlebih dahulu berapa besar daya listrik yang digunakan. Jangan sampai Anda membeli kapasitas genset yang memiliki daya listrik yang lebih rendah dari jumlah daya listrik yang Anda gunakan. Pilihlah genset yang memiliki daya lebih besar 30% dari total daya listrik yang Anda butuhkan.

Jika daya listrik genset yang Anda pilih lebih rendah dibandingkan dengan daya listrik yang dibutuhkan, maka genset tidak dapat berfungsi secara maksimal dan lebih baik Anda bisa mempersiapkan jika nantinya akan menambah penggunaan alat listrik yang memiliki efek terhadap peningkatan daya listrik yang digunakan.

Kalkulasikan hitungan daya yang Anda butuhkan jika Anda sudah mengetahui daya listrik yang Anda gunakan. 1 KVA (Kilo Volt Ampere) sama dengan 0,8 KW atau 800 watt. Maka ketika daya listrik yang terpasang di rumah atau tempat usaha Anda mencapai 10.000 watt, maka bagi dengan 800 watt, jadi hasilnya 12,5 KVA.

Pilih Bahan Bakar yang Sesuai  

Pilihlah genset yang menggunakan bahan bakar yang nantinya dapat mudah ditemukan dan sangat terjangkau baik bahan bakar bensin, solar dan gas. Hal ini dilakukan demi mempermudah Anda dalam mengoperasikan genset di kemudian hari.

Mengetahui Dimensi Genset dan Penempatan

Yang tidak boleh Anda lewatkan yaitu mengetahui dimensi genset karena genset tersebut harus muat terpasang dan bisa dimobilisasi ke tempat yang Anda rencanakan. Tanpa mengetahui dan perencaan dimensi dan penempatan genset, maka akan menyulitkan teknisi dalam meng-instal genset tersebut atau bahkan akan merusak bangunan Anda.

Sediakan tempat untuk menaruh genset di ruang dengan sirkulasi udara yang baik, suhu ruang yang sesuai, kelembapan yang minim, tidak banjir, beratap, tidak terlalu sempit, memiliki akses untuk pembuangan asap, jauh dari jangkauan anak-anak dan aman dari pencurian atau sabotase.

Pilih Penjual Genset dengan Produk Genset Berkualitas dan Terpercaya

Ini adalah hal yang paling penting Anda lakukan sebelum membeli atau menyewa genset yaitu dengan mencari terlebih dahulu tempat atau penjual genset itu sendiri. Pastikan jika tempat jual genset tersebut memiliki reputasi yang teruji dan terpercaya serta dengan penawaran harga genset murah yang terjangkau seperti ABC Power yang telah didukung resmi oleh principal seperti Perkins, Cummins, Deutz, MTU, Foton, Lovol, Doosan, Yanmar, Mitsubishi, Stamford, Leroy Somer, dan Sinocox.

ABC Power memudahkan Anda untuk melakukan konsultasi mengenai spesifikasi, instalansi, rekomendasi untuk Anda secara gratis, tanpa dipungut biaya dan komitmen apa pun. Hubungi segera melalui nomor 087780080086 atau melalui email ke sales@abcpowergenset.com sekarang juga untuk penawaran produk genset berkualitas dan terpercaya.

 

 

 

Write a Reply or Comment