Sejarah Genset Cummins

Jika di pembahasan sebelumnya kita sudah memahami sejarah tentang Genset Perkins, berikutnya ada sejarah yang mungkin belum Anda ketahui yaitu mengenai Genset Cummins. Genset ini diciptakan oleh Clessie Cummins, seorang montir yang berhasil mendatangkan seorang bankir dan investor bernama William Glanton Irwin yang juga memberi dukungan keuangan untuk perusahaan dan toko mesinnya.

Mesin Diesel Cummins yang berhasil dipasang pada mobil Packard milik William Glanton Irwin pada hari Natal pada tahun 1929, merupakan awal mula terciptanya mobil pertama bertenaga mesin diesel di Amerika.

Oleh karena itu, sang investor tertarik dengan mesin baru yang dirancang oleh Cummins. Ia pun rela mengeluarkan sejumlah dana ke dalam perusahaan Cummins. Ternyata hal tersebut tidak cukup. Cummins Company butuh sebuah inovasi produk, maka pada tahun 1933, perusahaan ini merilis mesin model H.

Mesin tersebut adalah tipe mesin berkapasitas besar untuk keperluan transportasi dan berhasil menjadi mesin paling sukses yang pernah diproduksi. Suksesnya peluncuran produk baru Cummins, membuat perusahaan berhasil memperoleh laba pertamanya di tahun 1937. Tiga tahun kemudian, Cummins dapat meningkatkan pelayanannya dengan memberikan garansi mesin hingga 100.000 mil.

20 tahun kemudian, tepatnya di tahun 1950-an, Amerika sudah melaksanakan program pembangunan jalan raya antar negara bagian . Kegiatan ini tentunya membutuhkan bantuan mesin untuk membangun jalan dan mesin Cummins pun digunakan dalam pembangunan tersebut karena selain ekonomis, mesin Cummins memiliki tenaga yang besar dan unggul dari segi daya tahan.

Karena keberhasilannya mencapai angka penjualan sebanyak 100 juta dollar, mesin Cummins akhirnya menjadi pemimpin pasar mesin diesel. Tak hanya di Amerika Serikat, Cummins Company juga mulai mengembangkan bisnisnya di luar negeri.

Saat ini , Cummins tidak hanya sekedar bisnis saja. Di tahun 2010, perusahaan ini telah memimpin kekuatan global dengan omset mencapai lebih dari 13 miliar dollar. Perusahaan ini terbagi menjadi 4 segmen usaha , yaitu Mesin, Generator, Penjualan Komponen, dan pendistribusian yang melayani pelanggan di lebih dari 150 negara. Tak heran jika genset cummins mudah ditemukan di pasaran karena spare part nya kini telah tersedia di Indonesia.

Write a Reply or Comment