Sejarah Genset Perkins

Genset atau generator set merupakan sebuah mesin penghasil daya listrik yang kegunaannya sangat dibutuhkan oleh semua kalangan karena fungsinya sebagai sumber listrik cadangan ketika listrik dari PLN padam. Berikut ini mengenai sejarah lengkap salah satu genset yang paling sering ditemukan yaitu genset Perkins.

Engine atau Diesel Generator merek Perkins pertama kali ditemukan dan dibuat oleh Frank Perkins dan Charles Wallace Chapman pada tahun 1897. Hingga akhirnya Perkins membuat perusahan sendiri pada 7 Juni 1932 di Queen Street Peterborough. Sedangkan Chapman adalah seorang Design Engineer.

Frank Perkins menjadikan Charles Chapman sebagai Direktur Teknik di perusahaannya. Keduanya memiliki watak dan karakter yang sangat berbeda. Frank adalah sosok salesman yang sangat rajin dan agresif sedangkan Charles adalah seorang yang pemalu, namun jenius. Mereka yakin tenaga diesel memiliki potensi, hingga akhirnya mesin pertama mereka yaitu “Vixen” mulai dikembangkan di sebuah bengkel kecil yang ada di pusat kota Peterborough.

Sebelum Chapman bergabung di perusahaan Perkins F Limited, Diesel Perkins ternyata sangat berat dan memiliki kelemahan pada performancenya. Maka dari itu, Chapman mengembangkan sebuah inovasi baru berupa konsep pembuatan Diesel Generator Set Perkins High Speed, yaitu sebuah mesin Perkins yang bahan bakarnya adalah bensin.

Pada tahun 1932, Chapman berhasil mengembangkan konsep mesin diesel High Speed dalam perusahaan Perkins F Limited, dan menjadi konsep yang dikembangkan pertama kalinya di dunia. Ia membuat dan merancang mesin 4 cylinder bernama Vixen. Hingga di bulan Oktober tahun 1935, Engine Diesel Generator Perkins menjadi salah satu dari enam perusahaan di dunia sebagai pembuat mesin Diesel Generator dalam berbagai macam variasi di Brooklands Surrey.

Permintaan Engine Diesel Perkins juga didukung oleh pemerintah. Sehingga mesin Diesel Perkins bisa menjadi pendukung Kerajaan Inggris yang kuat saat perang dunia kedua.

Setelah itu, Chapman merancang ulang mesin Diesel Generator Perkins, dan terciptalah mesin Diesel Generator Perkins Type P4 dan P6.

Write a Reply or Comment