Agar Ujian CPNS Tak Terganggu, Genset Disiagakan

genset disiapkan saat tes CPNS

Ujian Calon Pegawai Negeri Sipil merupakan salah satu gawe besar yang dimiliki pemerintah Indonesia setiap tahunnya. Hal tersebut membuat persiapan tes CPNS dilakukan dengan sebaik mungkin supaya semuanya bisa berjalan lancar dan sesuai dengan harapan. Termasuk dengan tes CPNS yang dilakukan di Bolaang Mongondow Selatan, Sulawesi Utara.

Pemerintah Daerah Bolaang Mongondow ingin memaksimalkan jalannya ujian CPNS yang dilakukan di lingkungan mereka dengan menyediakan genset sebagai alternatif penghasil listrik cadangan. Hal tersebut karena ditakutkan terjadi mati listrik pada saat pelaksaan tes CPNS yang tentu akan mengganggu jalannya tes. Persiapan genset tersebut dilakukan oleh Badan Kepegawaian dan Peningkatan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Pemda Bolaang Mongondow Selatan.

Menurut Shandy Lamato sebagai Kepala Bidang (Kabid) Mutasi dan Kepegawaian BKPSDM Bolaang Mongondow Selatan, genset yang akan disediakan nanti menjadi suatu hal yang sangat penting. Hal tersebut dikarenakan Pemda ingin menghindari hal-hal yang tidak diinginkan selama proses jalannya tes CPNS. Meski dari pihak PLN sendiri juga sudah didatangkan teknisi dan dilakukan pemeliharaan listrik, namun penyediaan genset ini memang tetap dilakukan sebagai langkah antisipasi.

Genset sendiri memang sudah sejak lama diandalkan untuk memenuhi kebutuhan listrik saat ada masalah dari PLN. Tempat-tempat yang memakai genset ini biasanya bangunan publik seperti halnya kampus dan perkantoran. Tentu bisa dibayangkan apa yang terjadi jika terjadi mati listrik pada saat yang sangat penting di kampus dan perkantoran. Aktivitas semua orang akan terganggu, dan hal tersebut juga menjadi cacat dari kampus maupun perkantoran yang bersangkutan karena terkesan tidak profesional.

Meski demikian, genset juga bisa digunakan dalam skala rumah tangga. Ada banyak sekali jenis genset yang bisa dipakai di rumahan, namun yang terbaik adalah silent type misalnya saja genset Yanmar. Genset jenis silent type ini memiliki peredam suara di bagian mesinnya sehingga suara yang dihasilkan tidak terlalu keras. Sudah bukan rahasia lagi kalau proses kerja pada genset memang ditandai dengan suara yang sangat memekakkan telinga.

Namun jika genset semacam itu digunakan di skala rumah tangga, tentu sangat mengganggu. Nah, merk Yanmar ini sendiri memang sangat terkenal dengan produk-produk yang tidak bising sehingga bisa dipakai di kawasan padat penduduk. Genset buatan Jepang ini juga sangat berkualitas, namun memiliki harga terjangkau. Belum lagi masih ada garansi yang bisa didapatkan sehingga tak perlu ada kekhawatiran akan kerusakan genset di awal pembelian.

Selain jenis silent type, ada juga genset jenis Open Type. Jenis yang satu ini lebih pas digunakan di area pabrik, area terbuka, kawasan proyek, atau tempat yang memang memiliki ruangan tersendiri untuk genset. Genset jenis ini memiliki performa yang lebih kuat dan cocok untuk penggunaan skala besar. Namun di sisi lain suara yang dihasilkan juga lebih berisik da dibanding genset silent type.

Sayangnya, selama ini banyak orang yang butuh genset tapi enggan membeli dikarenakan berpikir jika harganya mahal. Padahal banyak sekali harga genset murah dari berbagai jenis merek yang bisa ditemukan. Jadi jangan ragu untuk menggunakan genset sebagai alternatif penghasil listrik, terlebih lagi jika Anda memiliki kesibukan yang padat dan akan terganggu dengan pemadaman listrik. Perhatikan pula jenis genset seperti apa yang Anda butuhkan sehingga harga yang dibayar tidak sia-sia.

Write a Reply or Comment