Simak Pengoperasian dan Perawatan Genset Agar Awet Tahan Lama

harga genset open abc power

Genset sebagai mesin pembangkit daya listrik juga mempunyai kekhususan tersendiri dalam pengoperasiannya. Genset harus dioperasikan dalam kondisi ideal agar dapat beroperasi secara normal dan menghasilkan daya listrik yang optimal. Posisi peletakkan atau kedudukannya yang tidak stabil, tidak memiliki ventilasi yang baik, beban yang berlebihan atau ketidaktahuan pemiliki terhadap hal-hal penting yang perlu diketahui dapat menyebabkan genset menjadi cepat rusak.

Hal Penting Dalam Pengoperasian Genset

  • Periksa secara umum mesin genset seperti baut, belting atau baterai.
  • Periksa oli, air radiator dan bahan bakar dalam keadaan yang cukup.
  • Atur bagian handle gas dalam posisi start.
  • Biarkan mesin hidup pada putaran rendal selama kurang lebih 2 menit.
  • Jaga sirkulasi udara di dalam genset. Jika genset dioperasikan di dalam ruangan tertutup, maka buatlah sistem udara yang baik karena asap gas buang genset sangat beracun dan harus terbuang ke luar ruangan. Udara panas dari radiator juga harus dikeluarkan melalui cerobong agar mesin tidak mengalami panas berlebih (overheat).
  • Selama beroperasi, perhatikan selalu tegangan listrik dan keadaan mesinnya.
  • Setelah selesai digunakan matikan tombol pada pompa utama, kembalikan posisi switch panel semula, MCB pada genset posisi off dan genset sudah dapat dimatikan perlahan-lahan.

Selain memerhatikan dalam pengoperasiannya, pemeliharaan rutin atau perawatan genset juga mutlak harus dilakukan dengan tujuan agar genset bisa awet tahan lama. Perawatan genset atau pemeliharaannya harus dilakukan dengan baik dan benar sesuai petunjuk pada buku manual genset.

Hal Penting Dalam Perawatan Genset

  • Dalam perawatan genset, Anda perlu melakukan pengecekan pada oli mesin dan pastikan oli berada pada level yang cukup. Tambahkan jika oli mesin sudah berada level kurang. Lalu lakukan penggantian oli secara rutin minimal sebulan sekali dan penggantian filter setiap tiga bulan sekali.
  • Cek filter bahan bakar setiap 2 bulan dan melakukan penggantian filter setiap 3 bulan sekali.
  • Bersihkan kotoran dan debu yang terdapat pada radiator genset dengan menggunakan kain bersih dan blower agar radiator bekerja secara optimal. Selain itu bersihkan konektor dan kabel baterai untuk menghindari terjadinya korosi.
  • Lakukan pemeriksaan distilled water pada baterai dan lakukan pengisian ulang dalam kurun waktu kurang lebih 2 tahun.
  • Lakukan pengecekan control indicator dengan parameter-parameter baik yang ada pada genset atau pada modul panel AMF-ATS. Perhatikan apakah parameter tersebut menunjukkan adanya ketidaknormalan atau semua indikator menunjukkan bahwa genset masih beroperasi secara normal.
  • Nyalakan genset sesekali meskipun tidak pernah dipakai, tujuannya agar menjaga mesin dan elektronik lain dalam kelistrikan genset tidak rusak dan dapat bekerja secara baik.

Jika dalam pengoperasiannya terdapat sesuatu yang janggal, sebaiknya mesin diberhentikan dan panggil ahlinya. Jangan lupa untuk memastikan Anda telah memakai mesin genset yang dijual oleh produsen atau distributor mesin genset terbaik dan terpercaya seperti ABC Power. Dengan genset yang orisinil dan berkualitas maka bisa menjamin keberlangsungan pemakaian genset dalam jangka waktu yang lama.

ABC Power bukan hanya jual genset atau sewa genset secara harian, mingguan atau bulanan saja, tetapi juga menyediakan kebutuhan spare part dan tenaga ahli yang handal serta sertertifikasi resmi dengan memberikan garansi produk selama 2 tahun. Bukan hanya itu, Anda juga bisa menghubungi product specialist untuk melakukan konsultasi mengenai spesifikasi, instalansi, rekomendasi, harga genset serta merek genset yang diinginkan sesuai dengan kebutuhan Anda secara gratis tanpa dipungut biaya dan komitmen apa pun. Hubungi segera melalui via telepon ke 087780080086 atau melalui email ke sales@abcpowergenset.com untuk mengetahui produk genset lebih lengkap.

Write a Reply or Comment