Sudah Tepatkah Genset Yang Anda Punya? Cek Di Sini

cara tepat membeli genset
ilustrasi

Membeli genset tak jauh berbeda dengan jodoh. Kadang kala Anda sudah mengeluarkan dana besar untuk membeli genset, tapi justru mendapatkan produk yang tidak sesuai dengan keinginan. Padahal genset ini sangat besar manfaatnya terutama untuk Anda yang menjalankan suatu usaha. Nah, kalau selama ini Anda bertanya-tanya apakah genset yang dibeli sudah tepat, berikut ini adalah ciri-ciri dari genset yang sesuai dengan kebutuhan:

Bisa mencukupi kebutuhan daya

Anda mungkin berpikir kalau jaminan dari genset berkualitas baik adalah merek dan harganya yang mahal. Padahal ini tidak menjadi penentu dari genset yang baik dan cocok untuk Anda. Sebab yang terpenting dalam penggunaan genset adalah masalah daya. Meski genset yang Anda be;;i bukan genset mahal dan bermerek, tapi kalau bisa mencukupi kebutuhan daya pada saat tidak ada listrik, maka bisa dibilang bahwa genset tersebut sudah pas untuk Anda. Sebaliknya, jika Anda memiliki genset bermerk dan mahal tapi ternyata belum bisa memenuhi kebutuhan pada saat terjadi pemadaman, berarti genset tersebut bukan genset yang tepat.

Saat rusak bisa diperbaiki dengan mudah

Buat apa punya genset yang katanya memiliki kualitas terbaik kalau ternyata saat rusak Anda tidak bisa mereparasinya dengan mudah? Ada beberapa merek genset yang ternyata meski diklaim berkualitas namun sparepartnya susah didapatkan. Kalaupun ada, di Indonesia ternyata masih jarang tempat yang bisa melakukan perbaikan pada genset tersebut. Kalau sudah seperti ini, Anda jelas akan menghabiskan dana super besar untuk memperbaiki genset. Malah bisa jadi uang yang dikeluarkan hanya selisih sedikit saja dengan membeli genset yang baru. Jadi pastikan genset yang Anda punya bisa dengan mudah dicari suku cadangnya dan juga diperbaiki.

Dilengkapi dengan garansi

Ciri-ciri lain dari genset berkualitas adalah adanya garansi yang panjang dan menjamin. Secara umum, genset sebenarnya bisa bertahan dalam waktu cukup lama tanpa perlu perbaikan apapun. Namun kadang kala memang ada saja hal yang menyebabkan kerusakan genset sehingga butuh perbaikan. Nah, dengan adanya garansi yang panjang dan menjamin, Anda pun tak perlu bingung karena semua perbaikan ataupun penggantian sparepart akan ditanggung oleh penjual resminya. Jadi Anda yang memiliki usaha tidak perlu mengeluarkan uang lebih untuk membeli sparepart dan untuk biaya perbaikan.

Nyaman saat digunakan

Katanya merek terbaik tapi Anda merasa kesulitan setiap menggunakan dan juga merawatnya? Salah satu ciri kalau genset tersebut memang cocok dengan Anda adalah ketika Anda bisa menggunakannya dengan nyaman dan tanpa masalah apapun. Merek yang terkenal biasanya memang memiliki sistem yang mudah dioperasikan. Jadi ada baiknya Anda mencari merek-merek yang sudah terkenal di pasaran seperti genset Yanmar atau Foton. Kalau Anda bisa memakainya dengan mudah dan cepat, maka tentu hal tersebut juga akan menguntungkan usaha yang Anda jalani.

Tidak berisik

Ini  nih, ciri lain dari genset berkualitas. Genset yang bagus harusnya memiliki fitur silent di mana suara generator tidak akan terdengar memekakkan telinga. Genset semacam ini juga tak akan masalah meski diletakkan berdekatan dengan pemukiman atau kantor. Selain karena tidak berisik, genset ini juga cenderung lebih aman karena memiliki body tertutup. Tapi tetap saja, karena genset adalah alat panas, Anda harus selalu memperhatikan prosedur pemakaiannya dan menyesuaikan dengan buku manual.

Write a Reply or Comment