Tagihan Listrik Membengkak? Coba Ikuti Beberapa Cara Hemat Listrik Ini

Listrik merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Listrik dan manusia seperti 2 hal yang tidak dapat dipisahkan, mengapa demikian?  Dengan listrik, pekerjaan yang dilakukan oleh manusia menjadi lebih mudah, cepat dan juga praktis.

Kebutuhan sumber energi listrik sehari-hari di zaman modern seperti ini membuat masyarakat tidak dapat mengandalkan listrik yang berasal dari Perusahaan Listrik Negara (PLN) saja, tetapi juga menggunakan alat bantu seperti genset murah yang sangat membantu ketika listrik sedang mengalami pemadaman atau pun disaat membutuhkan energi listrik tambahan.

Listrik memang memiliki banyak keuntungan, tetapi penggunaan listrik secara berlebihan juga bukanlah hal yang baik karena dapat menyebabkan global warming dan merusak bumi baik alam atau pun seluruh makhluk hidupnya. Bukan hanya itu, menggunakan listrik secara berlebihan juga dapat membuat pengeluaran Anda menjadi “membengkak”.

Membengkaknya tagihan listrik di luar dugaan pastinya bisa membuat Anda pusing. Tetapi Anda tidak perlu khawatir, karena sebenarnya ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghemat listrik dalam kehidupan sehari-hari seperti berikut:

Cabut Kabel atau Peralatan Dari Saklar Saat Tidak Dipakai

Sebagian besar masyarakat pada umumnya hanya mematikan peralatan elektronik saja tanpa mencabut kabel listrik yang terpasang pada saklar, misalnya saja pada kabel tv, kabel kipas angin, dan yang lainnya.

Jika Anda termasuk yang seperti itu, ubahlah kebiasaan tersebut karena sebenarnya listrik akan tetap mengalir dalam peralatan elektronik Anda. Lalu jika sudah begini, listrik akan terbuang sia-sia dan Anda harus membayar tagihannya. Jadi biasakan untuk mencabut seluruh kabel peralatan elektronik yang tidak terpakai agar tidak terbuang percuma.

Gunakan Listrik Sistem Pulsa

Anda dalat menghemat listrik dengan menggunakan listrik dengan sistem pulsa. Listrik pulsa bisa disesuaikan dengan kebutuhan yang Anda rencanakan sebelumnya. Dengan menggunakan sistem membeli pulsa lalu baru bisa dipakai kemudian sangat dapat membantu Anda lebih bijak dalam menggunakan listrik. Saat pulsa listrik Anda habis, maka otomatis semua aliran listrik di tempat tinggal Anda akan terputus dan mati. Untuk mengaktifkannya kembali yaitu dengan membeli pulsa listrik kembali.

Dengan cara ini tentunya bisa membuat Anda dapat menghitung kebutuhan dan melihat kembali apa sebenarnya yang perlu dikurangi darj pemakaian listrik yang berlebihan.

Perhatikan Pemakaian Lampu

Cara selanjutnya untuk menghemat listrik adalah dengan memperhatikan pemakaian lampu. Pastikan Anda menggunakan lampu yang hanya pada saat benar-benar digunakan saja. Di siang hari, Anda bisa memanfaatkan sinar matahari sebagai penerangan utama yang alami.

Selain itu, pilihlah lampu hemat energi yang hanya membutuhkan kebutuhan listrik yang relatif sedikit. Matikan juga minimal 2 lampu antara pukul 17.00 hingga 20.00. Jika Anda benar-benar menerapkannya dengan benar, maka Anda dapat menekan biaya tagihan listrik perbulannya.

Matikan Alat Elektronik Saat Tidur

Jika Anda sudah mengantuk dan ingin pergi tidur, sebaiknya langsung matikan segala peralatan elektronik yang masih menyala seperti tv, lampu, atau handphone yang berada dalam keadaan pengisian daya. Karena jika Anda membiarkan peralatan elektronik tersebut menyala saat tidur maka listrik tentunya akan terbuang sia-sia dan tagihan listrik Anda jadi membengkak.

Menggunakan AC (Air Conditioner) Seperlunya

Jika Anda memiliki AC di rumah, perlu diketahui jika elektronik satu ini pada umumnya bekerja dengan menggunakan listrik lebih banyak dibandingkan dengan peralatan elektronik lainnya. Pilihlah AC yang hemat energi dengan kemampuan untuk menaikkan suhu atau off secara otomatis ketika di ruangan sedang ada sedikit orang atau tidak ada sehingga Anda tidak perlu repot dan mendinginkan ruangan yang tidak memberikan efek kepada siapa-siapa.

Itulah beberapa cara yang bisa diterapkan dalam menghemat penggunaan listrik dan menghemat biaya tagihannya agar tidak membengkak. Tapi tidak hanya sampai di situ, selain menghemat listrik, Anda juga perlu memperhatikan sumber energinya agar tidak membuat elektronik Anda menjadi cepat rusak akibat energi listrik yang tidak stabil.

Penggunaan listrik sudah dilakukan dengan benar dan hemat tetapi peralatan elektronik menjadi rusak atau terjadi korsleting akibat sering terjadinya pemadaman listrik secara tiba-tiba pastinya dapat merugikan. Jadi lebih baik jika Anda sudah memiliki genset murah seperti ABC Power Genset yang memiliki banyak produk genset sesuai dengan kebutuhan.

ABC Power Genset adalah distibutor jual genset terbaik dengan berbagai keunggulan. Harga genset yang ditawarkan pun masih terjangkau untuk Anda yang ingin memilikinya. Jika Anda hanya butuh pada waktu tertentu saja, Anda bisa sewa genset murah dengan berbagai pilihan kapasitas.

 

Write a Reply or Comment