Ternyata Ini 5 Penyebab Listrik Padam, Simak Solusinya!

Pemadaman listrik yang secara serentak terjadi memang seringkali mengganggu aktivitas sehari-hari. Terutama bagi Anda yang bekerja di kantor tiba-tiba listrik padam di saat Anda sedang mengerjakan pekerjaan Anda yang saat itu deadline nya sudah dekat.

Atau bagi Anda yang berada di rumah, karena listrik padam Anda tidak bisa mengerjakan pekerjaan rumah seperti menyetrika baju, menonton televisi, dan sebagainya. Jika listrik padam terjadi pada malam hari tentunya mengganggu penerangan , sebab lampu juga mati.

Lalu, faktor apa yang biasanya menjadi penyebab listrik padam? Berikut adalah ulasan mengenai 5 penyebab listrik padam dan solusi untuk mengatasinya.

  1. Cuaca Ekstrim

Salah satu penyebab listrik padam yang umumnya terjadi adalah cuaca ekstrim, seperti hujan es, petir, badai, angin kencang, bahkan debu. Menurut data Edison Electric Institute yang dikutip dari news.detik.com, 70% pemadaman listrik di Amerika Serikat terjadi karena faktor cuaca. Adanya angin kencang mampu menerjang pohon hingga tumbang, dan akhirnya menimpa kabel jaringan listrik. Akibatnya, jaringan listrik menjadi terputus.

  1. Hewan

Tahukah Anda? Hewan seperti tupai, ular, dan burung besar, juga bisa menjadi penyebab listrik padam. Contohnya, ketika mereka memanjat peralatan krusial, seperti transformator dan sekering. Hingga akhirnya peralatan tersebut mati dan menyebabkan mati listrik secara serentak.

  1. Layang-layang

Penyebab listrik padam lainnya yaitu menerbangkan layang-layang atau balon di dekat saluran listrik. Kegiatan seperti ini tentu saja berbahaya karena juga bisa membuat orang yang menerbangkan tersengat listrik. Apabila ditemukan layang-layang atau balon yang tersangkut di jaringan listrik, tentu saja listrik harus dipadamkan terlebih dahulu agar objek tersebut mudah dipindahkan.

  1. Kelebihan Beban

Penyebab lainnya yang bisa saja terjadi yaitu kelebihan beban listrik. Hal ini biasanya terjadi pada cuaca panas dan terik, dimana orang-orang banyak menggunakan pendingin ruangan sehingga sistem dan peralatan elektronik yang memerlukan listrik menjadi beban dan ikut tertekan.

  1. Penggalian

Penggalian atau pengeboran yang tidak sengaja ternyata dapat  merusak jaringan kabel listrik yang terletak di bawah tanah. Apabila jaringan ini terganggu, maka dapat menyebabkan listrik padam.

Maka dari itu, untuk berjaga-jaga supaya aktivitas Anda tidak terganggu ketika listrik padam, gunakan mesin generator set atau genset yang berfungsi sebagai cadangan listrik. Dengan adanya genset, Anda masih bisa melanjutkan pekerjaan yang memerlukan listrik.

Abc genset power menyediakan berbagai macam genset seperti Perkins, Cummins, Foton, Yanmar, dan Lovol. Genset kami memiliki garansi resmi 1 tahun atau 2000 jam dari principal resmi serta tambahan 1 tahun garansi teknis dari ABC Power. Jadi, tunggu apalagi? jangan biarkan listrik padam dan mengganggu aktivitas Anda.

Write a Reply or Comment