Ternyata ini kegunaan Automatic Transfer Switch (ATS)

apa itu ats dan harga automatic transfer switch

Apa Itu ATS?

Kendala yang masih dihadapi oleh masyrakat Indonesia terkait sumber daya listrik yang disediakan pemerintah adalah seringnya pemadaman secara sepihak dan tanpa konfirmasi. Tentu ini akan mengacaukan perusahaan yang berproduksi menggunakan energi listrik dari PLN. Untuk itu tak segan-segan para pengusaha menggunakan genset untuk memastikan listrik yang tersedia selalu ada dan stabil.

Meski para pengusaha harus mengeluarkan uang untuk membeli genset. Saat ini memang banyak yang Jual Genset di pasaran dengan beragam jenis dan merek. Sehingga ini akan memudahkan para pengusaha dan pelaku industri untuk mendapatkan solusi dari pemadaman yang sering dilakukan oleh PLN.

Dengan hadirnya genset ini, maka masyarakat tidak perlu khawatir lagi jika terjadi pemadaman dari PLN karena semuanya sudah bisa ditangani oleh genset. Apalagi genset bisa dijual bebas sehingga pengguna berskala rumah tangga juga bisa menggunakannya untuk sumber listrik cadangan saat pemadaman.

Namun setelah genset menjadi solusi di perusahaan untuk menghasilkan arus listrik, muncul masalah baru bagaimana caranya menghubungkan genset ke rumah atau kantor yang sedang terjadi pemadaman. Karena jika menghidupkannya secara manual, dibutuhkan jeda antara pemadaman dan pengaktifan listrik kembali dari genset yang mungkin akan membuat mesin menjadi tidak stabil.

Seperti komputer yang harus mati terlebih dahulu dalam beberapa saat. Pada kondisi ini anda perlu menggunakan sebuah alat untuk mengontrol pemadaman dan merubah tenaga genset untuk mengalir tanpa jeda ke kantor atau pabrik anda. Alat ini dinamai ATS (Automatic Transfer Switch).

ATS ini adalah alat yang berfungsi untuk menghidupkan dan mematikan genset secara otomatis. Tentu ini adalah solusi agar perpindahan dari arus listrik PLN ke genset menjadi tanpa jeda. Penggunaannya pun cukup sederhana yaitu jika aliran listrik dari PLN terputus, maka ATS akan memberi perintah pada genset untuk menyala, dan hal ini berlaku sebaliknya.

Genset yang telah disinkronkan dengan panel Automatic Transfer Switch ini tentunya akan memberikan kemudahan untuk perusahaan atau sektor industri yang tidak terpaku pada PLN saja. Jadi kesimpulannya ATS akan langsung mengganti arus listri di sebuah gedung dari PLN menjadi genset dan sebaliknya tanpa harus dioperasikan secara manual. Mengingat pemadaman tidak terprediksi.

Saat arus dari PLN kembali menyala maka ATS akan memindahkan lagi sumber arus dari genset menuju PLN. Proses penggantian ini pun sangat cepat yang hanya membutuhkan waktu beberapa detik saja.

Harga Automatic Transfer Switch

Namun tidak jarang masih banyak orang yang masih belum mengenali ATS ini dan memberlakukannya dalam perusahaan atau rumahnya. Lalu berapa harga automatic transfer switch genset ini? Biasanya Harga Genset yang di keluarkan pelanggan sudah termasuk dengan ATS dan pemasangan genset. 

Jika ATS ini diberlakukan sudah barang tentu kemudahan dalam penggunaan genset semakin terasa nyaman. Pemasangan ATS ini pun butuh keahlian seorang ahli sehingga genset yang anda gunakan bisa tersambung otomatis dengan perangkat di dalam gedung atau rumah anda.

Dengan cara ini para pelaku usaha merasa sangat terbantu karena masalah listrik yang sering padam tanpa konfirmasi tetap akan bisa berjalan dengan keberadaan genset dibantu dengan sistem ATS ini. Bagi anda yang ingin mengkoneksikan gensetnya dengan ATS, maka bisa langsung memanggil teknisi yang ahli karena akan ada banyak pengaturan yang harus disesuaikan antar genset dan juga perangkat kelistrikan di dalam gedung.

Sebuah sistem yang akan memberikan kemudahan bagi para pengusaha dalam mengoperasikan genset pada saat yang tepat pada saat terjadi pemadaman oleh PLN. Jika anda melihat di gedung-gedung perkantoran dan gedung fasilitas umum, panel ATS ini sudah tersedia dan menandakan bahwa tidak akan terjadi masalah berarti jika terjadi pemadaman listrik.

Baca Juga: Prinsip Kerja Genset yang Harus diketahui

Write a Reply or Comment