Ternyata Inilah Yang Menyebabkan Korsleting Pada Genset

cara mengatasi genset yang mengalami Korsleting listrik
ilustrasi

Genset atau generator set merupakan salah satu perangkat yang sangat bermanfaat. Genset bekerja melalui generator yang berputar dan menghasilkan energi yang kemudian diubah menjadi istrik. Genset ini banyak digunakan sebagai cadangan energi ketika terjadi pemadaman atau juga dijadikan sumber listrik utama pada saat menggunakan alat atau mesin bertenaga besar. Genset sendiri merupakan alat yang sangat aman untuk penggunaan sehari-hari. Meski demikian, Anda pasti sering juga menjumpai berbagai kecelakaan yang diakibatkan oleh genset seperti salah satunya tersetrum yang disebabkan ledakan atau karena korsleting listrik.

Yang belum banyak diketahui adalah apa sebenarnya yang bisa menyebabkan korsleting listrik pada genset. Nah, pertama-tama penting sekali untuk mengetahui  apa itu korsleting listrik. Korsleting sendiri berasal dari bahasa Belanda korsluiting yang dalam bahasa Indonesia sering diartikan sebagai hubungan pendek arus listrik. Secara sederhana, hal ini terjadi dikarenakan adanya gesekan antara dua kabel yang berbeda dan kemudian menimbulkan arus listrik dalam tegangan tinggi. Apabila tersentuh oleh manusia, maka orang tersebut otomatis akan tersetrum. Sedangkan jika terus dibiarkan, arus listrik tinggi ini bisa menimbulkan percikan api yang kemudian membakar barang plastik atau kain sehingga menjadikan kebakaran semakin besar.

Yang menyebabkan hal ini lebih fatal, korsleting sendiri sangat jarang diketahui proses terjadinya sehingga seringkali sudah terlalu terlambat untuk mengatasinya. Untuk itu, Anda perlu mengetahui dengan baik hal-hal apa yang menyebabkan korsleting listrik supaya bisa melakukan pencegahan. Hal pertama yang bisa menyebabkan korsleting listrik pada genset adalah rusaknya isolator kumparan pada generator. Jadi di bagian generator terdapat kumparan yang biasanya berupa kawat dan merupakan konduktor, dilapisi dengan isolator seperti karet untuk mencegah arus listrik keluar. Saat karet atau isolator ini rusak dan terbuka, maka ada kemungkinan arus listrik akan keluar dan bergesekan dengan plat ataupun benda konduktor yang ada di sekitarnya.

Dan pada genset sendiri terutama di bagian generatornya, ada banyak sekali bagian yang terbuat dari besi. Jadi bisa dibayangkan kalau sampai terjadi korsleting dan ada arus yang mengalir keluar, genset jadi berbahaya untuk disentuh. Namun pada genset sendiri sebenarnya sudah ada dudukan karet yang berfungsi sebagai peredam arus listrik. Tapi pada beberapa kasus, pengamanan ini tidak berfungsi sehingga arus listrik langsung mengalir ke bagian terluar genset. Padahal bagian ini banyak disentuh orang dan pada akhirnya bisa menyebabkan tersetrum.

Manusia sendiri memiliki hambatan jauh lebih kecil dibanding body genset. Sehingga arus listrik akan langsung mengalir ke tubuh manusia dengan hambatan lebih rendah tersebut. Untuk mencegah korsleting ini, ada beberapa cara yang bisa dilakukan misalnya saja memasang alat pendeteksi hingga menambahkan lapisan isolator di body terluar dari genset. Anda juga sebaiknya menambahkan konduktor pada badan generator yang bisa mengalirkan listrik akibat korsleting ke base frame. Base frame ini kemudian dimasukkan ke dalam grounding yang ada di tanah.

Dengan demikian, aliran listrik berlebih akan langsung terhenti dan tidak tersebar. Cara ini pun menjadikan korsleting lebih tertangani karena tidak akan menimbulkan tersetrum. Sangat penting juga untuk membeli genset berkualitas yang lebih terjamin keamanannya untuk menghindari berbagai bahaya seperti korsleting. Anda bisa memilih genset Perkins dari ABC Power yang sudah teruji kualitasnya. Genset murah Perkins ini cocok untuk home industry maupun digunakan untuk wilayah perkantoran.

Write a Reply or Comment