Tersengat Listrik Genset? Ini Pertolongan Pertama Yang Perlu Dilakukan

cara mengatasi sengatan listrik pada genset
ilustrasi

Anda pasti sudah sering sekali mendengar kasus kematian yang diakibatkan dari tersengat arus listrik dari genset. Ya, genset atau generator set memang merupakan alat yang digunakan untuk menghasilkan energi listrik dan dipakai ketika ada pemadaman. Genset sendiri merupakan alat yang aman dipakai, namun beberapa kejadian menyebabkan korsleting atau juga kebocoran arus sehingga listrik bisa menyambar tubuh manusia.

Di dunia sendiri, kasus tersetrum juga menjadi salah satu pembunuh terbanyak. Ada sekitar 5 kejadian kematian akibat tersetrum dari 100 kejadian total. Biasanya, kasus tersetrum ini banyak terjadi di lingkungan kerja misalnya ketika beraktivitas dengan mesin atau alat elektronik, maupun pada anak-anak yang tak senagaja terpapar arus listrik saat ada di rumah. Pada genset sendiri, adanya arus listrik yang bocor dan menyebabkan tersetrum ini bisa terjadi karena bahan isolator yang melindungi kabel mengalami kerusakan.

Orang yang mengalami sengatan listrik arus tinggi memang sangat jarang yang bisa selamat. Hal ini dikarenakan tubuh manusia sebenarnya adalah konduktor listrik yang sangat baik. Sehingga saat ada arus listrik besar yang masuk ke tubuh, listrik tersebut akan langsung di alirkan ke seluruh tubuh. Jadi bisa terbayang seberapa besar kerusakan yang terjadi pada tubuh akibat dari arus listrik tersebut. Itu juga yang menjadikan banyak kematian langsung setelah terjadinya kasus tersengat listrik.

Jika Anda menemui kasus tersengat listrik pada genset, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menanganinya. Yang pertama, lepaskan korban dari benda yang mengalirkan listrik. Namun hal ini  juga perlu digarisbawahi, pastikan jika kondisinya benar-benar aman. Sebab banyak kasus orang yang menolong korban tersetrum juga malah ikut terkena aliran listrik. Apabila hal itu tidak bisa dilakukan secara langsung, Anda sebaiknya menggunakan benda isolator atau yang tidak mengalirkan listrik untuk mendorong korban. Anda sebaiknya juga berdiri di atas karpet maupun tumpukan kertas yang tidak menghantarkan aliran listrik.

Setelah itu, hubungi tenaga kesehatan secepat mungkin untuk memberikan tindakan medis pada korban. Sambil menunggu kedatangan petugas medis, Anda bisa memeriksa denyut jantung dan juga napas dari korban. Apabila ternyata tidak ada detak jantung dan juga napasnya sudah menghilang, lakukan pertolongan pertama sesuai dengan kemampuan. Namun yang juga perlu diperhatikan, Anda sebaiknya tidak memindahkan tubuh korban kecuali ada resiko terjadinya ledakan maupun kebakaran. Sebab arus listrik yang masuk ke dalam tubuh akan menyebabkan berbagai kerusakan syaraf dan bahkan juga patah tulang. Dengan memindahkan tubuh secara sembarangan, maka resiko kerusakan syaraf dan tulang tersebut menjadi lebih besar.

Pastikan juga untuk selalu mendampingi korban sampai dengan tenaga medis datang. Hal tersebut bisa membantu membuat korban lebih tenang jika memang ia masih dalam keadaan sadar. Korban sebaiknya juga tidak dikerubungi karena akan membuatnya kesulitan untuk bernapas dalam kondisi tubuh yang tidak berdaya.

Untuk menghindari adanya kejadian seperti ini, maka perlu sekali memperhatikan buku panduan dalam menggunakan genset. Perhatikan pula perawatan genset, jangan sampai ada komponen yang isolatornya rusak karena akan menyebabkan kebocoran listrik. Anda juga perlu memilih genset berkualitas seperti Genset Yanmar dari ABC Power. Harga Genset sendiri cukup terjangkau dengan kualitas yang tak perlu diragukan lagi. Yuk, percayakan pembelian genset Anda pada ABC Power!  

Write a Reply or Comment