Tips Aman Pakai Genset Tanpa Khawatir Tersetrum

cara aman mengoperasikan genset

Akhir-akhir ini banyak sekali beredar berita mengenai kebakaran maupun musibah orang tersetrum yang diakibatkan oleh genset. Hal tersebut menimbulkan anggapan bahwa genset atau genrator set adalah alat yang berbahaya dan tidak sebaiknya dipakai terutama untuk skala rumahan. Hal ini tentu sangat keliru, sebab genset sendiri pada dasarnya merupakan alat yang aman. Setiap genset yang bisa ditemukan di pasaran juga pasti sudah melewati uji kontrol tersendiri sehingga keamanannya bisa dipercaya.

Namun berbahai hal negatif terkait genset biasanya memang bisa terjadi disebabkan kelalaian penggunanya. Maka dari itu, ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk memastikan penggunaan genset dengan aman. Yang pertama adalah memperhatikan pemakaian genset. Dalam hal ini, penting sekali untuk menggunakan kabel listrik yang tepat dalam menyalurkan listrik yang berasal dari genset. Sebab genset memakai daya yang cukup besar pula, sehingga dikhawatrikan penggunaan kabel kecil biasa tidak akan bisa menahan arus besar yang ada.

Apabila arus terlalu besar namun kabel yang digunakan sangat kecil, maka kabel akan menjadi lebih cepat panas. Jika dibiarkan, bagian-bagian kabel bisa jadi aus dan menyebabkan terjadinya korsleting maupun timbulnya percikan api yang bisa berujung pada kebakaran. Untuk mencegah hal tersebut, Anda perlu memastikan penggunaan kabel yang tepat dan memang bisa menampung arus besar dari genset.

Hal berikutnya yang harus diperhatikan dalam pemakaian genset adalah peletakannya. Genset perlu diletakkan jauh dari benda-benda yang mudah sekali terbakar. Salah satu kelalaian yang banyak terjadi adalah orang menempatkan wadah bahan bakar berdekatan dengan genset, kemudian melakukan pengisian pada waktu genset menyala. Yang harus dilakukan sebenarnya adalah meletakkan wadah bahan bakar berjauhan dari genset dan melakukan pengisian dalam kondisi genset mati.

Selain bahan bakar, benda-benda lain yang juga harus dihindarkan dari genset adalah kertas, cat, serta plastik dan kayu yang sangat mudah sekali terbakar. Genset sebaiknya diletakkan di area yang luas dan kosong. Boleh juga meletakkannya di luar ruangan asal diberi alas yang datar dan juga ditambahkan atap untuk menutui bagian atas genset.

Pada saat menggunakan genset, wajib halnya untuk selalu menyediakan tabung pemadam kebakaran. Sesuai prosedur yang berlaku, tabung pemadam kebakaran ini setidaknya harus diletakkan 10 meter dari genset. Pastikan tabung pemadam kebakaran diletakkan di tempat yang mudah dijangkau. Yang juga tak bisa diremehkan adalah cara memakai tabung pemadam kebakaran tersebut. Sebab banyak sekali orang yang memiliki tabung pemadam kebakaran tetap tidak tahu cara untuk menggunakannya.

Selain itu, pemeliharaan genset juga harus dilakukan. Genset harus dibersihkan secara teratur dan diperiksa dengan baik setiap komponennya secara berkala minimal sebulan sekali. Pengecekan ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada kerusakan komponen genset yang berpotensi membahayakan. Beberapa bagian yang jika rusak bisa sangat berbahaya adalag sistem bahan bakar dan juga oli. Jika terjadi kerusakan di bagian ini, maka bukan tak mungkin akan timbul percikan api yang memicu pada kebakaran.

Merawat dan memelihara genset mungkin terkesan merepotkan, namun hal ini sebenarnya sangat penting dilakukan untuk menjamin keselamatan Anda. Untuk jenis genset sendiri, ada banyak tipe berrbeda yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Beberapa merk yang sangat recommended antara lain genset Perkins dan genset Cummins. Kedua genset ini memiliki kualitas jempolan dengan harga yang cukup terjangkau.

Write a Reply or Comment