Tips Memilih Genset Rumah Tangga dan Genset untuk Industri

abc power dengan genset murah

Seiring berkembangnya jaman banyak peralatan yang menggunakan listrik sebagai sumber dayanya. Tidak hanya peralatan yang ada di perusahaan atau pabrik, di rumah pun banyak peralatan yang menggunakan listrik. Oleh karena itu dibutuhkan alat yang dapat menyuplai daya listrik pada saat terjadi gangguan atau pemadaman dari PLN agar segala kegiatan di perusahaan, pabrik, dan rumah tidak terganggu. Alat yang digunakan untuk menyuplai daya listrik dikenal dengan sebutan generator set atau genset. Alat ini tersedia dalam berbagai ukuran dan kapasitas sesuai kebutuhan. Genset ini bisa digunakan di perusahaan industri dan di rumah, penggunaannya pun mudah asal diinstalasi dan dirawat dengan benar.

Apakah genset yang digunakan di perusahaan industri sama dengan di rumah tangga biasa? Jawabannya adalah tidak karena dari segi daya yang dibutuhkan juga sudah berbeda. Di perusahaan industri biasanya membutuhkan daya yang lebih besar karena terdapat alat-alat berat untuk produksi sedangkan di rumah alat-alat yang digunakan lebih kecil dan memiliki daya yang tidak terlalu besar.  Harga genset nya pun berbeda antara genset rumah tangga  dan genset industri, tetapi banyak penjual genset yang menawarkan genset murah berkualitas.

Ada beberapa perbedaan antara genset rumah tangga dan genset untuk industri. Berikut perbedaannya:

a. Kapasitas

Genset untuk industri biasanya memiliki kapasitas yang lebih besar dibandingkan genset untuk rumah tangga karena peralatan di industri lebih banyak dan lebih besar dayanya. Genset rumah tangga biasanya memiliki kapasitas maksimum sampai 1kVA sedangkan untuk genset industri memiliki kapasitas 5kVA-3000kVA.

b. Ukuran

Untuk ukuran genset tergantung kapasitasnya, semakin besar kapasitas genset terseebut maka semakin besar pula ukurannya.

c. Perawatan Genset

Genset industri memerlukan perawatan yang lebih detail karena komponen dari genset tersebut lebih banyak dibandingkan genset rumah tangga dan memerlukan tim ahli khusus dalam perawatannya.

Berikutnya kita akan membahas tips untuk memilih genset rumah tangga dan genset untuk perusahaan industri. Berikut tips memilih genset rumah tannga dan genset industri

1. Menghitung total daya alat yang digunakan

Kita harus menghitung total daya peralatan yang digunakan di rumah ataupun di perusahaan agar bisa mengetahui kapasitas genset yang nanti digunakan. Biasanya tidak semua peralatan menyala secara bersamaan, jadi kita hitung total daya peralatan utama yang diperlukan pada saat terjadi gangguan atau pemadaman.

2. Memilih Genset dengan kapasitas daya tepat

Setelah melakukan perhitungan total daya peralatan yang digunakan kita bisa mengetahui kapasitas genset yang akan dipakai. Pilih genset dengan kapasitas yang sama atau bisa juga memilih kapasitas yang lebih besar sedikit dari total daya untuk persiapan apabila terjadi lonjakan pemakaian peralatan.

3. Instalasi yang tepat

Sebelum melakukan instalasi genset sebaiknya mengetahui cara yang tepat untuk pemasangan genset tersebut atau bisa meminta bantuan orang yang berkompeten dalam instalasi genset. Karena apabila terjadi kesalahan dalam instalasi, genset tidak akan bekerja dengan baik dan dapat berbahaya bagi penggunanya. Biasanya dalam suatu perusahaan industri memiliki tim khusus yang berpengalaman untuk menghandle genset tersebut.

4. Ketersediaan spare part

Sebelum membeli genset sebaiknya mengecek dahulu apakah suku cadangnya tersedia dan mudah didapatkan di pasaran atau tidak.

5. Pemilihan tipe genset yang tepat

Sebelum memilih genset Anda harus menentukan tipe genset yang akan digunakan. Ada 2 tipe genset yang dapat dipilih yaitu tipe open dan silent. Tipe open cocok digunakan untuk perusahaan industri/pabrik sedangkan tipe silent biasanya digunakan di rumah tangga, rumah sakit, hotel, dan daerah yang mempunyai peraturan perihal kebisingan.

Itu tadi beberapa tips yang harus diperhatikan dalam memilih genset untuk rumah tangga dan perusahaan industri. Apabila membutuhkan genset, ABC Power Genset tersedia jasa jual genset dan Anda bisa juga melakukan sewa genset dengan harga beragam. Banyak pilihan genset murah berkualitas di sini, hubungi langsung di nomor 021-2255-7715 atau email di sales@abcpowergenset.com.

Write a Reply or Comment