Tips Sederhana Mengoperasikan Genset

pengoperasian genset

Harga Genset – Saat ini genset menjadi salah satu barang yang cukup familiar bagi orang-orang yang bekerja dalam sektor industri. Bagi perusahaan dan pelaku usaha yang menggunakan arus listrik sebagai penunjang kinerja mesin-mesinnya, tentu menggunakan genset adalah salah satu hal yang pasti. Namun apa jadinya kalau kamu harus mengoperasikan genset secara mendadak. Tentu jika mempelajari fungsi panel dan cara kerja sesuai dengan buku panduan akan menghabiskan waktu cukup lama. Jadi apa yang harus dilakukan?

Tenang karena produsen genset sudah berupaya mendesain produk mereka menjadi sangat mudah untuk dioperasikan. Jadi kamu nggak perlu takut untuk menghidupkan genset untuk pertama kalinya meski nggak tahu dasar-dasa kelistrikan dan fungsi panel-panel yang ada di badan genset. Berikut ini beberapa tips sederhana yang bisa kamu ikuti untuk menghidupkan genset untuk pemula. Memang kamu nggak perlu memiliki genset unuk mengetahui hal ini, bisa saja kamu mencari sewa genset murah untuk menjajal prosedur ini.

Perlu diingat bahwa prosedur dan tips ini tidak baku jadi kamu bisa mengembangkannya sesuai dengan jenis genset yang sedang kamu hadapi. Secara keseluruhan, penggunaan genset hampir sama dari berbagai merek seperti Genset Perkins, Genset Cummins, Genset Yanmar, Genset Foton, dan berbagai merek lain yang beredar di pasaran.

Cek bahan bakar

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah memastikan adanya bahan bakar di dalam mesin genset. Perhatikan juga jenis genset yang sedang kamu hadapi dan bahan bakar yang diperlukan untuk mengoperasikannya. Jika kamu menggunakan genset diesel, berarti kamu butuh bahan bakar solar. Sedangkan genset portable biasanya menggunakan bahan bakar bensin. Ada juga genset yang berdaya baterai sehingga tidak membutuhkan bahan bakar tertentu.  Jika sudah memastikan bahwa bahan bakar terisi dengan baik, maka bisa lanjut ke tahap berikutnya.

Cek Oli mesin

Jika kamu mendapatkan genset dari sewa genset murah, maka kamu harus memastikan bahwa oli mesin terisi penuh sesuai dengan kapasitas yang dibutuhkan oleh mesin tersebut. Perhatikan bahwa oli tidak boleh melebihi kapasitas yang dianjurkan agar bisa berjalan dengan normal. Jika mendapati mesin genset menyala dengan tersendat-sendat, bisa jadi oli mesin terlalu banyak. Isi juga oli mesin dengan merek yang telah direkomendasikan oleh produsennya.

Pastikan accu berfungsi baik

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah accu yang harus berfungsi dengan baik. Secara umum, accu digunakan untuk menghidupkan mesin untuk pertama kalinya. Jika accu berfungsi dengan baik maka tidak akan ada kendala dalam stater mesin. Jika mesin sulit dihidupkan meski sudah distater berkali-kali berarti ada kemungkinan accu harus diestrum ulang atau diganti dengan yang baru.

Perhatikan Ohm saklar

Terkesan sepele tapi ini adalah poin penting yang sering sekali dilupakan oleh operator genset. Perhatikan Ohm saklar sudah diatur di tempat yang benar. Saklar Ohm untuk arus PLN harus dalam posisi mati dan arus generator sudah dalam posisi hidup. Ini akan membuat genset bekerja dengan baik sesuai dengan fungsinya.

Setelah genset menyala

Setelah genset berhasil dinyalakan bukan berarti tugasmu selesai begitu saja. Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan juga agar genset bekerja secara optimal. Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah pastikan choke genset dalam posisi On untuk mempercepat mesin menyala. Pastikan tuas choke berada di puncak logo segitiga. Lalu cek saklar mesin berada pada posisi ON.

Write a Reply or Comment