Ternyata Ini Tujuan Kenapa Mesin Genset Perlu Dilumasi dengan Oli

tujuan melumasi mesin dengan oli

Semua orang pasti tahu bahwa mesin perlu dilumasi, namun tak banyak yang tahu apa tujuan melumasi mesin dengan oli. Pelumasan mesin bukan sekedar pelumasan biasa, namun pelumasan tersebut harus dilakukan dengan menggunakan oli supaya mesin tidak mudah rusak. Oli adalah jantung dari mesin, agar bisa terus memutar dan bekerja. Untuk itulah oli sangat diperlukan untuk melumaskan berbagai peralatan mesin seperti genset perkins, genset cummins, mobil, kapal, dan segala mesin yang terdapat di dunia ini.

Di setiap mesin terdapat banyak sekali komponen, dan masing-masing komponen tersebut memiliki fungsi yang berbeda pula. Komponen-komponen tersebut akan terus bergerak sepanjang mesin hidup dan digunakan. Dan lama kelamaan, bukan tak mungkin komponen tersebut akan mengalami keausan lantaran sering dipakai. Untuk itulah diperlukan oli untuk melumasi mesin guna mengurangi keasusan lantara gesekan yang terdapat pada masing-masing komponen mesin.

Sebenarnya jenis pelumas pada mesin genset perkins maupun pada mesin kapal ada banyak, tak melulu harus dengan oli. Yang terpenting pelumas tersebut harus berbahan dasar minyak dan mampu mencegah mesin menjadi aus. Pilihlah pelumas mesin yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Lalu apa tujuan melumasi mesin dengan oli?

Oli yang digunakan sebagai pelumas mesin mampu mencegah kerusakan yang terjadi akibat gesekan antar komponen mesin. Mesin bisa diibaratkan sepeti logam. Permukaannya tanpak halus jika dilihat dari kejauhan, tapi jika dilihat dari dekat, logam tersebut tampak sangat kasar lantaran pergesekan yang terjadi pada logam. Begitu pula yang terjadi pada mesin-mesin genset maupun mesin kapal dan mobil.

Dalam hal ini oli sebagai pelumas akan membentuk lapisan film oli yang memiliki fungsi tertentu. Lapisan film oli mampu mencegah kontak yang terjadi antara permukaan komponen sebuah mesin dengan komponen lainnya yang terdapat pada mesin tersebut. Tentu hal ini mampu mencegah kerusakan mesin yang parah di kemudian hari.

Selain itu, oli sebagai pelumas mesin mampu mendinginkan bagian mesin dimana di dalam mesin terjadi proses pembakaran dan pembakaran tersebut bisa membuat seluruh permukaan mesin menjadi panas. Tentu saja panas yang terdapat pada mesin ini harus dikurangi, salah satu caranya adalah dengan diberi pelumas oli. Jika permukaan mesin yang panas dibiarkan saja, hal ini mampu membuat mesin cepat aus dan rusak.

Fungsi lain dari oli yang digunakan sebagai pelumas adalah memperbaiki dan merapatkan kembali bagian piston dan dinding silinder pada mesin guna mencegah tenaga mesin yang hilang secara tiba-tiba di tengah jalan. Oli memiliki peranan yang sangat besar dalam perapatan ini sehingga kemungkinan terburuk dari hilangnya tenaga mesin dapat dicegah.

Ada lagi fungsi dari oli sebagai pelumas yaitu mampu membersihkan bagian dalam mesin yang sulit dibersihkan. Mesin yang kerap digunakan akan mudah kotor lantaran terjadi proses pembakaran di dalamnya. Dan oli rupanya mampu membersihkan bagian dalam mesin yang sulit terjangkau supaya hasilnya lebih maksimal.

Terakhir, tujuan melumasi mesin dengan oli adalah untuk mencegah terbentuknya karat pada bagian mesin. Sebenarnya setiap mesin pasti akan berkarat mesipun kerap digunakan sekalipun, namun kemungkinan ini dapat dicegah dengan pemberian oli untuk melumaskan mesin. Dalam hal ini oli mampu mencegah terbentuknya karat.

Itulah beberapa tujuan dan alasan kenapa mesin perlu dilumaskan dengan menggunakan oli. Bagi Anda yang punya atau jual genset, mobil, maupun mesin lainnya sebaiknya tetap update info seputar pelumasan oli agar mesin Anda awet dan tahan lama.

Baca Juga: Seberapa Penting Perawatan Aki Genset

Write a Reply or Comment