Cara Menghidupkan dan Mematikan Genset sesuai SOP

sop genset

Setiap mesin beroperasi dengan prosedur yang ada untuk berjalan dengan baik dan aman. Hal tersebut juga berlaku pada mesin genset yang digunakan ketika listrik yang bersumber dari PLN mengalami pemadaman. Dengan mengikuti prosedur yang benar, mesin genset dapat digunakan dengan aman dan dalam waktu yang sangat lama.

Dalam hal pengoperasian genset, lebih baik jika Anda mengikuti SOP (Standard Operating Procedure). Sebelum mengetahui cara menyalakan genset yang benar, sebaiknya Anda memperhatikan dan mengetahui cara sebelum menyalakan genset sesuai SOP seperti berikut.

Prosedur Menghidupkan dan mematikan genset sesuai standart procedure procedure (SOP)

  1. Periksa terlebih dahulu bahan bakar dengan posisi kran pada daily tank pada kondisi on atau tetap terbuka.
  2. Lalu periksalah air radiator pada genset. Jika air radiator sudah terletak di bawah takaran yang seharusnya maka segera tambahkan.
  3. Periksa juga air ACCU dan tambahkan jika sudah berkurang.
  4. Periksa oli mesin apakah masih dalam takaran atau sudah dibawah takaran yang ada.
  5. Jangan lupa untuk memeriksa kabel R-S-T-N apakah sudah terpasang dengan benar.
  6. Pasang kabel ACCU dengan benar dan pastikan sudah terpasang dengan kuat dengan warna merak adalah positif (+) dan warna hitam adalah (-).
  7. Pastikan Anda telah mematikan saklar utama sebelum Anda menghidupkan mesin.
  8. Setelah itu buka box panel, kemudian naikkan semua MCB.

Setelah Anda melakukan langkah-langkah di atas sebelum menyalakan mesin genset, maka Anda bisa melakukan langkah selanjutnya yaitu menyalakan genset seperti berikut.

  • Cara menyalakan genset yang benar yaitu dengan menghidupkan mesin tanpa beban atau warming up kurang lebih selama 10 menit. Tekan atau putar tuas kunci secara perlahan-lahan untuk memastikan accu elektrik starter masih dapat digunakan, kemudian putar secara penuh dan tahan sampai genset benar-benar menyala. Jangan mengalirkan listrik langsung dari genset ke dalam instalansi, sebaiknya tunggu hingga kondisi mesin lebih stabil.
  • Saat beroperasi, tetap lakukan pemeriksaan pada oil meter, baterry charge, water temperature, volt meter AC, frequency meter, dan hour counter meter) apakah sudah dalam keadaan baik ketika mesin genset dalam keadaan menyala.

Setelah mengetahui cara menyalakan genset dan usai digunakan untuk pekerjaan Anda, ketahui juga cara mematikan mesin genset berikut ini.

  • Turunkan breaker atau matikan beban terlebih dahulu dan tunggu sekitar 5 menit untuk pendinginan mesin (cooling down), setelah itu matikan mesin.

Itulah cara menyalakan genset mulai dari sebelum menyalakan sampai dengan mematikan genset secara benar. Lakukanlah langkah-langkahnya secara teliti dan benar agar genset tidak cepat rusak dan bekerja secara optimal. Pastikan juga Anda telah memiliki genset dengan kualitas terbaik seperti genset ABC Power dengan pelayanan 2×24 jam waktu tanggap untuk purna jual genset.

Bukan hanya jual genset, ABC Power juga menyediakan sewa genset untuk harian, mingguan atau bulanan dengan berbagai kapasitas genset yang Anda butuhkan dengan ketersediaan spare part yang ready stock dan product specialist yang selalu sedia untuk Anda.

Di ABC Power Anda bisa melakukan konsultasi mengenai spesifikasi, instalansi, rekomendasi genset yang terbaik untuk Anda dengan berbagai pilihan merek genset mulai dari genset Perkins, Cummins, Yanmar, Deutz, Mitsubishi, Lovol, Primero dan masih banyak lagi mulai dari kapasitas 5 hingga 3000KVA. Tunggu apalagi? Miliki segera mesin genset berkualitas dengan menghubungi ke nomor 021-2255-2501 atau melalui email ke sales@abcpowergenset.com dan kunjungi juga ke www.abcpowergenset.com untuk mengetahui informasi lainnya secara lengkap.

Lihat keluar

Write a Reply or Comment