PLN Lakukan Pemadaman Bergilir, Warga Beralih Ke Genset

PLN Lakukan Pemadaman Bergilir, Warga Beralih Ke Genset
ilustrasi

Pemadaman listrik adalah sebuah hal yang sangat lazim terjadi di berbagai negara, termasuk di Indonesia salah satunya. Pemadaman listrik tersebut dikarenakan berbagai faktor yang sala satunya adalah dikarenakan masalah kerusakan pada sistem instalasi listirik dan segala hal yang terkait dengannya.

Contohnya saja adalah apa yang dialami oleh warga di Palangkaraya awal bulan November 2018 kemarin. Dikarenakan tower PLN Palangkaraya yang terletak di Desa Kalampangan, Kecamatan Sabangau, Palangkarata, Kalimantan Tengah roboh, maka banyak daerah di sekitarnya yang harus mendapatkan jatah listrik terbatas.

Hal itu karena pihak PLN menerapkan penggiliran untuk pemadaman listrik di daerah-daerah di Palangkaraya selama proses perbaikan tower yang roboh tersebut selesai dilakukan. Dikarenakan kebutuhan akan listrik tidak dapat ditunggu lagi, terutama bagi yang bergerak di bidang industri atau yang memiliki usaha yang membutuhkan listrik, maka solusi paling tepat adalah dengan menggunakan genset.

Walaupun ternyata banyak orang di daerah tersebut yang memiliki genset, namun dikarenakan sangat jarang digunakan, maka saat akan digunakan, ada saja yang tidak dapat dihidupkan dan harus diservis. Oleh karena itu, tukang servis di sekitaran Palangkaraya pun kebanjiran order untuk memperbaiki genset warga.

Contohnya saja di sekitaran Pasar Besar Palangkaraya, Jalan Dharmo Sugondo sampai dengan di sekitar Jalan Pausraya, nampak para tukang servis harus kewalahan mengatasi permintaan warga yang ingin gensetnya diservis atau diperbaiki.

Selain para tukang servis tersebut yang kebanjiran order, semua SPBU di Palangkaraya juga setiap harinya harus dijejali warga yang baik ingin membeli bahan bakar untuk mengisi kendaraan ataupun untuk gensetnya. Bahkan tidak hanya yang berjenis Pertalite saja, bahan bakar jenis Pertamax pun ramai dipadati warga.

Menurut banyak warga di Palangkaraya, kebutuhan akan listrik tidak dapat ditunggu atau harus bergantian menggunakannya karena hal tersebut dirasa sangat vital. Contohnya saja seperti yang diungkapkan oleh H Iwan sebagai salah satu warga Palangkaraya.

Dia mengaku harus menggunakan genset sebagai media penyedia energi listrik ketika terjadi pemadaman bergilir tersebut. Iwan mengatakan bahwa dari pertama kali tower PLN Palangkaraya roboh, di tempatnya sudah 2 hari gelap gulita dan tidak ada listrik yang disalurkan.

Selain tukang servis genset dan juga SPBU yang kebanjiran permintaan, toko-toko penjual genset pun juga mendapatkan keuntungan serupa karena tidak sedikit dari masyarakat di Palangkaraya masih belum memiliki genset. Oleh karenanya, mereka berbondong-bondong membeli genset ketika pemadaman berdurasi lama dan dilakukan secara bergilir tersebut diberlakukan oleh PLN Palangkaraya.

Hanya saja, menurut banyak orang yang ingin membeli genset, harga mesin tersebut sangat mahal dan melonjak drastis. Hal itu ada kemungkinan pihak penjualnya sengaja menaikkan harga karena kebutuhan genset sedang naik dengan pesat. Oleh karenanya, tidak sedikit yang akhirnya membatalkan untuk membeli genset di Palangkaraya dan memutuskan untuk membelinya di luar Palangkaraya yang harganya masih normal dan masuk akal.

Nah, itulah pentingnya genset untuk kehidupan sehari-hari. Apalagi untuk Anda yang memiliki bisnis dan juga home industri, wajib hukumnya memiliki genset. Anda bisa mendapatkan genset di distributor ABC Power yang jual genset murah berkualitas dengan berbagai merek.

Ada genset Yanmar, Foton, Perkins, dan juga Cummins. Anda juga bisa memilih jenis genset silent yang tidak berisik sehingga lebih pas diletakkan berdekatan dengan tempat yang padat penduduk.

Write a Reply or Comment