Yuk Simak Cara Perawatan Genset Yang Baik dan Benar

harga genset 100.000 watt abc power

Kecanggihan yang ada pada suatu mesin bukan berarti tidak dapat rusak jika tidak dirawat dengan bai dan benar. Misalnya saja pada mesin generator set atau genset yang sering digunakan sebagai tenaga listrik cadangan saat terjadinya pemadaman listrik oleh PLN atau disaat membutuhkan daya tambahan karena kurangnya pasokan listrik, sering digunakan atau tidaknya tetap saja memerlukan perawatan khusus supaya tetap awet dan dapat digunakan dengan optimal dalam jangka waktu yang lama.

Dengan perawatan genset yang salah dan tidak sesuai dengan aturan dapat membuat genset menjadi mudah rusak bahkan tidak dapat didapat digunakan kembali serta membuat Anda harus merogoh kocek yang tidak sedikit. Untuk itu ada baiknya jika Anda mempelajari cara perawatan genset yang baik dan benar seperti di bawah ini:

Dioperasikan dengan Benar

Baca seksama buku petunjuk mengenai cara penggunaan atau pengoperasian mesin genset. Pastikan Anda telah menggunakan genset dengan benar sehingga ketika terjadi kerusakan maka bukan menjadi keselahan Anda dan bisa menggunakan garansi yang diberikan pada penjual genset.

Letakkan Genset di Tempat yang Aman

Letakkan genset di luar ruangan dan jauhkan dari air, sinar matahari secara langsung, dan hal-hal lainnya yang berisiko menimbulkan kerusakan pada genset bahkan dapat mendatangkan sengatan listrik.

Rutin Memeriksa Bahan Bakar

Perawatan genset selanjutnya ialah memeriksa persediaan dan memakai bahan bakar yang tepat. Karena jika bahan bakar tidak tercukupi atau tidak tepat, maka genset bisa mudah rusak karena mengalami kekeringan.

Lakukan Pengecekan Oli Mesin Genset

Oli pada genset merupakan salah satu bagian yang sangat penting. Lakukan pengecekan dan penggantian jika oli pada mesin genset sudah mulai hitam, berkeruh, atau volumenya sudah berkurang di bawah kadar normal. Lebih baik lagi jika Anda rutin menggantinya minimal setiap enam bulan sekali.

Mengganti Spare part Genset Secara Berkala

Ketika mesin genset sudah digunakan dalam kurun waktu tertentu, spare part pada genset tidak dapat bekerja secara optimal. Maka dari itu, gantilah spare part sebelum komponen genset lainnya ikut rusak bahkan mati secara keseluruhan.

Matikan Genset Jika Merasa Ada yang Salah dan Nyalakan Secara Berkala

Jika saat Anda menemukan kejanggalan saat genset beroperasi misalnya suara yang terlalu bising agar getar yang terlalu kuat maka sebaiknya langsung matikan mesin genset dan segera lakukan pengecekan ulang kondisi genset. Tanyakan juga pada teknisi yang lebih paham mengenai genset. Jangan lupa juga untuk menyalakan genset minimal 5-10 menit setiap 3 hari sekali jika tidak sedang digunakan. Hal tersebut dilakukan agar oli mesin dapat tetap melumasi komponen penting pada genset.

Itulah beberapa cara dalam perawatan genset yang baik dan benar agar mesin genset Anda dapat beroperasi secara maksimal dan juga awet tahan lama. Perlu diperhatikan jika memang ada banyak bagian pada mesin genset yang harus dilakukan pengecekan dan penggantian komponen. Maka dari itu baca secara baik buku panduan yang tersedia ketika membeli genset dan memastikan jika Anda mendapatkan garansi resmi dalam jangka waktu yang cukup lama seperti yang diberikan ABC Power Genset. ABC Power jual genset dengan garansi produk selama 2 tahun atau 2000 jam dengan perlindungan terbaik di Indonesia.

Ada banyak pilihan merek genset yang bisa Anda pilih mulai dari genset Perkins, Cummins, MTU, Foton, Lovol, Doosan, Yanmar, Mitsubishi, Stamford, Leroy Somer dan masih banyak lagi dengan spare part yang ready stock dengan tenaga ahli yang handal dan tersertifikasi resmi. Bukan hanya bisa membeli, Anda juga bisa sewa genset dengan harga genset murah sesuai dengan kapasitas dan merek yang Anda butuhkan. Tunggu apalagi? Penuhi kebutuhan listrik Anda dengan aman dan nyaman dengan ABC Power Genset.

Write a Reply or Comment